Doa Menghilangkan Rasa Takut

Doa Menghilangkan Rasa Takut – Imam Nawawi dalam kitabnya Riyadhus Shalihin memuat sebuah doa yang bersumber dari Nabi Muhammad Saw tentang bagaimana menghilangkan rasa takut. Yuk simak!

خَوْلَةَ بِنْتَ حَكِيمٍ السُّلَمِيَّةَ تَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « مَنْ نَزَلَ مَنْزِلاً ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ. لَمْ يَضُرُّهُ شَىْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ ».

Khaulah binti Hakim ra. mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa yang berhenti pada suatu tempat kemudian membaca: “A’UUDZU BIKALIMAATILLAAH AT TAAMMAAT MIN SYARRI MAA KHALAQ (Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan yang Ia ciptakan), niscaya ia tidak akan terganggu oleh sesuatu apapun hingga ia pergi meninggalkan tempat tersebut.”

Dari hadis di atas jelas sekali, bahwa seseorang yang berdoa dengan doa tersebut di atas, ia akan dihilangkan rasa takutnya atau kecemasannya ketika berada di tempat tertentu dengan cara dihindarkan darinya marabahaya yang mungkin saja bisa menimpa.

Baca Juga : Doa Ketika Susah Tidur 

Demikianlah doa yang bersumber dari Nabi Saw tentang bagaimana menghilangkan rasa takut! Semoga bermanfaat untuk sobat Alomuslim di manapun berada.

Wallaahu a’lam.

Sumber: Riyadhus Shalihin.

Leave a Comment