5 Tanda Kiamat Yang Nampak Jelas Dimasa Sekarang Ini

5 Tanda Kiamat Yang Nampak Jelas

Alomuslim.com – Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, bersabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam :

“Sesungguhnya diantara tanda-tanda hari Kiamat antara lain ; mengucap salam kepada orang-orang tertentu, maraknya aktivitas perdagangan (sampai-sampai seorang isteri membantu suaminya dalam mengurus perniagaan0, terputusnya tali silaturahmi, banyaknya kesaksian palsu dan tersembunyinya kesaksian yang benar, serta munculnya pena.” (shahih. HR. Ahmad no. 3870)

5 Tanda Kiamat Yang Nampak Jelas Dimasa Sekarang

Dalam redaksi hadits di atas disebutkan dengan jelas diantara perkara yang menjadi tanda-tanda hari Kiamat, adapun perkara ini termasuk dalam pertanda Sughra (kecil), yaitu :

  • Mengucap salam kepada orang tertentu

Pertanda ini sangat nyata dimasa kita sekarang ini, dimana seorang muslim hanya mengucapkan salam kepada orang tertentu atau yang dikenalnya saja. Mereka merasa tidak memiliki keharusan untuk mengucapkan salam kepada seorang muslim yang tidak mereka kenal. Lebih dari, sebagian kaum muslimin sudah benar-benar melupakan ucapan salam dan menggantinya dengan ucapan-ucapan yang mereka tirukan dari budaya orang diluar Islam.

  • Maraknya aktivitas perdagangan (sampai-sampai seorang isteri membantu suaminya dalam mengurus perniagaan)

Aktivitas perdagangan pada masa sekarang ini begitu marak, dimana transaksi tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu. Setiap konsumen dari belahan dunia manapun bisa membeli satu barang yang berada di wilayah terpencil sekalipun, selama masih terhubung dengan koneksi Internet. Tingkat permintaan barang semakin tinggi dan peluang transaksi menjadi semakin terbuka. Karena hal itulah, sampai-sampai seorang suami tidak mampu mengurus aktivitas pergangannya sendiri dan melibatkan isterinya untuk mengurus sebagian lainnya.

  • Terputusnya tali silaturahmi

Manusia akhir zaman memiliki gambaran sebagai orang-orang yang individualis. Mereka hanya mempedulikan urusan dan kesenangannya sendiri. Maka tidak heran apabila kemudian mereka melupakan hubungan silaturahmi, karena merasa tidak memberikan mafaat untuk kehidupan pribadinya. Betapa kaum muslimin pada hari ini bahkan tidak mengenal jalur nasabnya sendiri, mereka hanya tahu beberapa saja dari saudara ayah dan ibunya, selebihnya mereka tidak mengenalinya. Hubungan silaturahmi itupun akan putus setelah berlalu beberapa generasi setelahnya.

  • Banyaknya kesaksian palsu dan tersembunyinya kesaksian yang benar

Betapa banyak hari ini kita saksikan orang-orang yang memiliki kasus hukum bisa melanggeng bebas lepas dari jerat hukum. Karena mereka memiliki kekayaan untuk membayar orang-orang agar memberikan kesaksian palsu yang melepaskan dirinya dari tuntutan kasus tersebut. Bahkan mereka bisa memberikan ancaman kepada orang-orang yang akan memberikan kesaksian yang sebenarnya, sehingga orang-orang itu ketakutan dan tidak memberikan kesaksiannya. Dan banyak lagi contoh rekayasa kasus di persidangan yang banyak dilakukan oleh para penjahat yang seharusnya dipenjara.

  • Munculnya pena

Munculnya pena ini bisa dipahami sebagai kemudahan orang-orang untuk mendapatkan berbagai macam alat tulis dan juga buku-buku bacaan, atau bisa juga diinterpretasikan dengan kemudahan dalam mencetak jutaan naskah, yang jika dibandingkan dengan masa-masa yang lalu hal itu sangatlah sulit. Atau ada juga yang menginterpretasikan dengan fenomena tersebar luasnya ilmu pengetahuan dan juga alat-alat yang mendukungnya. Bahkan sampai-sampai zaman sekarang ini disebut sebagai era pengetahuan.

Apakah anda memperhatikan kelima tanda tersebut pada masa sekarang ini?

Referensi : Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad Al-Mubayyadh (Granada Mediatama : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *