9 Langkah Berwudhu Dengan Menggunakan Gayung

Langkah Berwudhu

Alomuslim.com – Apabila anda tidak mendapati sebuah keran air yang mengalirkan air, atau hanya mendapati sebuah kolam dengan berisi yang air cukup banyak, maka anda dapat melakukan wudhu dengan menggunakan sebuah gayung. Adapun mengenai rukun wudhunya, sama saja dengan wudhu pada umumnya, tetapi untuk tata cara sedikit berbeda.

Berikut tata cara berwudhu dengan menggunakan gayung :

  1. Siapkan air sebanyak 1 mud, atau kurang lebih dua cakupan telapak tangan di dalam gayung.
  2. Membaca “Bismillah”.
  3. Menuangkan air ke telapak tangan, kemudian mencuci kedua tangan dengannya.
  4. Kemudian menciduk air dari gayung dengan menggunakan tangan kanan, lalu kumur-kumur sekaligus menghirup air ke hidung dan mengeluarkannya dengan tangan kiri, dilakukan sebanyak tiga kali.
  5. Lalu menciduk air lagi dengan tangan kanan, kemudian mengusap wajah dan menyela-nyela jenggot apabila memiliki, dilakukan tiga kali.
  6. Ambil air dengan tangan kanan kemudian basuh tangan kanan dan kiri bergantian setelah dua kali basuhan yang dimulai dari ujung jari sampai ke bagian siku.
  7. Tanpa mengambil air lagi, langsung basuhkan kedua tangan ke kepala dari mulai bagian depan sampai tengkuk dan kembali ke bagian depan lagi, lalu membasuh telinga dari bawah ke atas dengan masing-masing satu kali basuhan. Atau anda bisa juga dengan mengambil air terlebih dahulu untuk membasuhnya.
  8. Kemudian ambil air dengan tangan kanan basuhkan ke kaki hingga mata kaki sambil menyela-nyela jari kaki dengan jari kelingking tangan anda. Dilakukan sebanyak tiga kali.
  9. Setelah itu di tutup dengan membaca doa sesudah wudhu.

Demikianlah Sembilan langkah cara berwudhu dengan menggunakan gayung. Semoga bermanfaat.

Referensi : Cara Wudhu Dengan Menggunakan Gayung, Yufid Tv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *