abdullah bin amr bin ash
KISAH SAHABAT

Abdullah Bin Amr Bin Ash Dan Pemuda Yang Tidak Pernah Iri Dengki

Abdullah Bin Amr Bin Ash Dan Pemuda Yang Tidak Pernah Iri Dengki – Ketika para sahabat sedang duduk mengelilingi Rasulullah berkata “ Akan datang kepada kalian sekarang ini seorang laki laki penghuni surga” tak lama kemudian datanglah seorang laki laki dari kaum Anshar.

Dia baru saja mengambil air wudhu, hal ini tampak dari wajah dan janggutnya yang masih meneteskan air, sementara tangan kirinya menenteng terompah saat memsuki masjid.

Karena yang datang hanya sahabat Anshar biasa, Abdullah bin Amr bin Ash berkata dalam hati tak mungkin orang ini, pasti lah yang dimaksud Rasulullah adalah sahabat yang paling sering mengikuti peperangan bersama Rasulullah.

keesokan harinya kejadian serupa berulang, Setelah Rasulullah mengabarkan kedatangan seorang penghuni surga maka selang beberapa lama datanglah pemuda Anshar itu dengan khas yang sama seperti sebelumnya, wajah dan janggutnya basah oleh air wudhu dan tangan kirinya menentang terompah memasuki masjid.

Kejadian tersebut berulang hingga hari ketiga dan pemuda Anshar itu datang dengan penampilan khasnya seperti biasa. Abdulllah bin Amr bin Ash yang merasa penasaran pun akhirnya memutuskan untuk mengikuti pemuda tersebut dan meneliti apakah amalan pemuda tersebut sehingga ia menjadi salah satu penghuni surga.

ketika sampai pada rumah pemuda tersebut Abdullah bin Amr bin Ash memohon ijin untuk diperbolehkan menumpang sementara ia memperhatikan keseharian pemuda tersebut dan amalan yang membuat pemuda tersebut mendapat jaminan surga dari Allah.

Hari pertama ia tinggal Abdullah bin Amr tidak melihat si pemuda bangun dan melaksanakan sholat tahajud hanya saya bibir pemuda tersebut tak henti berzikir. begitu pun pada malam malam selanjutnya tidak ada amalan khusus yang dilakukan oleh pemuda itu, sehingga akhirnya Abdullah bin Amr mengatakan sejujurnya tujuan ia menginap di rumah pemuda itu.

Abdullah bin Amr berkata “Tolong lah beri tahu aku amalan apa yang engkau lakukan sehingga engkau disebut sebagai ahli surga oleh Rasulullah?” Sang pemuda pun tidak mengetahui karena ia merasa dirinya tidak memiliki amalan khusus apapun.

Setelah lama keduanya terdiam lalu sang pemuda berbicara “Aku memang tidak melakukan amalan khusus, namun demi Allah aku tidak pernah berbuat curang pada siapapun dan aku juga tidak pernah menaruh rasa iri dengki pada seorang pun dari kaum muslimin atas kelebihan dan karunia yang Allah SWT berikan pada mereka”

Abdullah pun tersadar dan merasa malu karena amalan pemuda tersebut sangat berat untuk dilakukan dan hatinya teramat bersih juga amalan pemuda tersebut tidak terlihat secara fisik namun ia menjaga hatinya dengan baik

Akhirnya Abdullah bin Amr bin Ash pun mendapat pelajaran berharga untuk selalu menjaga hati dari penyakit hati dan hal tersebut bukan hal yang mudah dilakukan namun memiliki ganjaran yang amat tinggi yaitu surganya Allah SWT.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *