Adakah Bacaan Niat Dalam Shalat
DASAR ISLAM, SHALAT

Adakah Bacaan Niat Dalam Shalat?

Alomuslim.com – Inti dari setiap amal ibadah adalah niat, sehingga niat menjadi salah satu syarat yang wajib dilakukan setiapkali hendak mengerjakan amal ibadah. Berdasarkan hadits yang sudah sangat ma’ruf (dikenal) di kalangan umat muslim, Rasulullah shallallahu alaihi was sallam bersabda :

“Sesungguhnya setiap amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang (mendapatkan) sesuai dengan apa yang ia niatkan.” (HR. Bukhari, Muslim)

Imam An-Nawawi dalam Raudhatuth Thalibin (1/224) mengatakan :

‘Makna niat adalah kehendak untuk melakukan sesuatu. Seseorang yang hendak mengerjakan shalat menghadirkan niat dalam hati dan pikirannya tentang shalat yang hendak ia kerjakan dan tata caranya, seperti nia untuk shalat Zhuhur, atau shalat fardhu dan shalat lainnya. Selanjutnya ia menghadirkan ibadah ini bersamaan dengan takbiratul ihram.”

Dalam sebuah riwayat disebutkan, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi was sallam memulai shalat dengan bertakbir mengucapkan ‘Allaahu Akbar.’ (HR. Bukhari, Abu Dawud, An-Nasa’i dan yang lainnya).

Dan juga terdapat beberapa riwayat yang semakna dengan hadits ini, seperti yang diriwayatkan dari ‘Ali radhiallahu anhu, ia berkata:

“Bahwa Nabi shallallahu alaihi was sallam ketika memulai shalat mengucapkan , ‘Allaahu akbar, (kemudian membaca) wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati…’.” (shahih. HR. al-Bazzar)

Hadits diatas mengisyaratkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi was sallam tidak mengucapkan sepatah katapun sebelum melakukan takbiratul ihram, termasuk niat, seperti yang banyak dilakukan oleh kaum muslimin. Kalau saja seandainya, Rasulullah shallallahu alaihi was sallam mengucapkan sesuatu, seperti niat, niscaya para sahabat akan melakukannya dan menyampaikan riwayat yang menyebutkan hal itu.

Hanya saja tidak ada satupun riwayat shahih yang menunjukkan Rasulullah mengucapkan niat sebelum memulai shalat. Karena niat tempatnya di hati dan tidak berkaitan dengan pengucapan lisan. Maka sebaiknya kaum muslimin tidak melakukan sesuatu yang tidak ada tuntunan dari Rasulullah shallallahu alaihi was sallam.

Wallahu Ta’ala a’lam. 

Referensi : Sifat Shalat Nabi Shallallahu Alaihi Was Sallam, Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani (Griya Ilmu : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *