Adakah Zakat Atas Harta Mahar
DASAR ISLAM, ZAKAT

Adakah Zakat Atas Harta Mahar ?

Alomuslim.com – Ilmu mengenai zakat jarang sekali menjadi pembahasan dalam majelis-majelis ilmu pada sekarang ini. Sehingga banyak umat muslim yang kurang paham mengenai harta yang harus dizakatkan. Termasuk harta mahar, mungkin masih banyak umat muslim yang belum mengetahui kewajiban zakatnya.

Mahar yang diberikan kepada pengantin wanita merupakan bentuk harta sebagaimana harta lainnya. Karena itu hukum berlaku padanya sebagaimana harta biasa lainnya. Berikut penjelasan mengenai status kepemilikan harta mahar dan hukum zakatnya :

  1. Apabila seorang wanita telah memiliki maharnya, sementara mahar tersebut termasuk jenis harta yang wajib dizakati, serta mencapai nisab (+ 85 gr emas) atau lebih, maka ketika itu mencapai batas haul (satu tahun) ia wajib menunaikan zakatnya.

  1. Apabila maharnya tertunda (berhutang), maka sama seperti harta hutang. Apabila sang suami seorang yang kaya, maka wanita itu wajib mengeluarkan zakat dari mahar yang masih ada pada suaminya, karena ia dapat diharapankan (yakin) akan dilunasi. Tetapi apabila suaminya seorang yang miskin, maka sang wanita tidak wajib mengeluarkan zakat mahar yang masih berada pada tanggungan suaminya tersebut. Namun, jika maharnya telah diterima, maka ia wajib menunaikan zakatnya satu tahun.

  1. Apabila seorang wanita telah menerima maharnya, kemudian dia dicerai oleh suaminya sebelum berhubungan intim, namun mahar tersebut telah mencapai batas haul, maka dia wajib mengeluarkan zakat dari setengah maharnya, dan suami menganggung zakat setengahnya lagi.

Wallahu a’lam. 

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *