Adzab Paling Ringan Di Neraka

Alomuslim.com – Adzab Paling Ringan Di Neraka Sering kali ketika dibacakan firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yang berkaitan dengan siksa Neraka, kita menyaksikan ada sebagian orang yang menangis karena merasa takutnya. Merekalah orang-orang shalih yang apabila membayangkan siksa Neraka, hati mereka bergetar serta tubuh berasa lemas karena tidak sanggup membayangkan betapa dahsyatnya siksaan tersebut.

Hal itu tidak terjadi pada orang-orang yang hatinya lalai, karena telah tertipu dan merasa aman dari siksa Neraka. Bahkan, ada sebagian umat muslim yang ketika menceritakan tentang keadaan Neraka, mereka menjadikannya sebagai bahan bercandaan. Mereka tertawa-tawa mendengarnya, sehingga hilanglah rasa takut dari hati mereka. Sesungguhnya, amat tidak pantas perbuatan mereka yang menjadikan siksa Neraka sebagai bahan bercandaan.

Belakangan, ada ucapan dari sebagian umat muslim yang berani untuk menantang dirinya diceburkan kedalam api Neraka. Mereka berucap, ‘tidak apa-apa masuk Neraka, asal bisa hidup kaya raya di dunia.’ Nafsu mereka telah menggiring kepada kehancuran. Naudzubillah tsumma naudzubillah.

Tahukah anda seperti apa adzab paling ringan di Neraka?

Ada beberapa tingkatan-tingkatan  adzab di Neraka, seperti dalam hadits yang diriwayatkan dari Samurah bin Jundab radhiallahu ‘anhu, dari Rasulullah  :

“Diantara mereka (para penghuni neraka -ed) ada yang direnggut api hingga kedua mata kakinya. Ada yang direnggut api hingga lututnya. Ada yang direnggut api hingga pusarnya. Ada yang direnggut api hingga lehernya. Dan ada pula yang direnggut api hingga kerongkongannya.” (HR. Muslim 7/180)

Janganlah kita membayangkan api yang digunakan untuk membakar penghuni neraka seperti api di dunia. Karena api di dunia hanya satu bagian dari 70 bagian api di Neraka. Maka hanya dengan sekali celupan di Neraka mampu membuat penghuninya melupakan segala kenikmatan dunia yang dirasakan semasa hidupnya. Anas radhiallahu ‘anhu meriwayatkan sabda Nabi  :

“Dihadapkan orang yang paling merasakan kenikmatan di dunia dari ahli Neraka, lalu ia dicelupkan di Neraka sekali celup. Kemudian ditanyakan kepadanya, ‘Wahai anak Adam, apakah kamu melihat suatu kebaikan? Apakah telah berlalu di hadapanmu suatu kenikmatan?’ Ia menjawab, ‘Tidak, demi Allah, wahai Rabb’.” (HR. Muslim 17/149)

Betapa dahsyatnya siksa api Neraka, oleh karena itu Allah dan Rasul-Nya memerintahkan kepada seluruh umatnya untuk memohon perlindungan agar dijauhkan dari siksanya dan jangan sekali-kali berani memintanya. Karena untuk siksa yang paling ringan saja, dapat membuat otak ahli Neraka mendidih hanya dengan memakai sandalnya. Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiallahu ‘anhu meriwayatkan sabda Rasulullah  :

“Ahli neraka yang paling rendah siksanya adalah yang dipakaikan sepasang sandal dari api yang membuat otaknya mendidih karena panasnya kedua sandal itu.” (HR. Muslim 3/85)

Sungguh, yang demikian merupakan siksa paling ringan di Neraka, namun bagi penghuni Neraka, ia tidak melihat bahwa ada seorangpun yang lebih keras siksanya daripada dirinya, padahal sesungguhnya ia paling ringan adzabnya. Dan perlu diketahui, bahwa ahli neraka paling ringan adzabnya adalah Abu Thalib, paman yang mengasuh dan membantu perjuangan dakwah Rasulullah . Semoga Allah jauhkan kita dari siksa api Neraka.

Allahumma aamiin.

Home

Prayers

Quran

Do'a

Qiblat