Inilah Anak-Anak Nabi Muhamamad SAW

anak nabi muhammad

Inilah Anak-Anak Nabi Muhamamad SAW – kira-kira tau ga siapa saja anak-anak Nabi Muhammad Saw? Atau berapa jumlah anak beliau selama ini? Pertanyaan sederhana semacam ini kiranya dapat melecut diri kita dan orang lain tentunya untuk mengenal Nabi besar Muhammad Saw dengan baik. Menumbuhkan rasa cinta dan kagum kepada beliau, dan senantiasa menyenandungkan selawat dan salam kepada beliau.

1. Anak Nabi Muhammad ( Qasim )

Dikutip dari Khulashah Nuril Yaqin karya ‘Umar ‘Abdul Jabbar, anak Nabi Muhammad Saw yang laki-laki berjumlah tiga orang. Semuanya terlebih dahulu meninggal dunia sebelum Nabi Muhammad Saw wafat. Anak Nabi Muhammad yang pertama bernama Qasim. Ia dilahirkan sebelum Nabi Muhammad diangkat sebagai seorang rasul. Qasim meninggal diusianya ke-2 tahun.

2. Anak Nabi Muhammad ( Ibrahim )

Anak Nabi Muhammad selanjutnya adalah Ibrahim, ia dilahirkan di tahun kedelapan Hijriyah, yakni delapan tahun setelah Nabi hijrah dari Mekah ke Madinah. Lebih pendek dari Qasim, Ibrahim meninggal dunia diusianya yang baru menginjak 70 hari.

3. Anak Nabi Muhammad ( Abdullah )

Anak laki-laki Nabi yang lain bernama ‘Abdullah, seperti halnya Qasim, ia juga dilahirkan sebelum Nabi diangkat sebagai seorang utusan, dan ia juga meninggal dunia ketika masih sangat kecil. Semasa hidup, ‘Abdullah mendapat banyak julukan di antaranya adalah al-tayyib (yang baik) dan juga al-thahir (yang suci).

4. Anak Nabi Muhammad ( Zainab )

Adapun anak perempuan Nabi Muhammad SAW berjumlah empat orang anak. Yang pertama dan yang paling dulu dilahirkan adalah Zainab. Zainab sempat menerima dakwah Islam dan masuk Islam. Anak perempuan Nabi Muhammad SAW yang lain adalah Ruqayyah, Ummu Kultsum dan Fathimah.

Kesemuanya meninggal dunia sebelum Nabi Muhammad SAW wafat kecuali Fathimah yang nantinya dinikahi oleh ‘Ali bin Abi Thalib RA. Sayangnya dalam sejarah Fathimah meninggal dunia enam bulan setelah Nabi Muhammad Saw wafat.

Demikian informasi seputar anak-anak Nabi Muhammad SAW. Mereka terdiri dari 7 orang anak. Tiga di antaranya adalah laki-laki, mereka adalah Qasim, Ibrahim dan ‘Abdullah. Dan Empat di antaranya adalah perempuan, mereka adalah Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum dan yang terakhir adalah Fathimah.

Wallahu a’lam.

Sumber : Dikutip dari Khulashah Nuril Yaqin karya ‘Umar ‘Abdul Jabbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *