Ancaman Meninggalkan Shalat Berjamaah

ancaman meninggalkan shalat berjamaah

Ancaman Meninggalkan Shalat Berjamaah – Kembali kami mengingatkan mengenai pentingnya shalat berjamaah di masjid bagi laki-laki. Karena shalat merupakan perkara yang sangat penting, dan merupakan tiang dari agama ini. Seandainya umat muslim mau sejenak lepas dari kesibukan pekerjaan duniawi

Kemudian menuju masjid untuk mendatangi panggilan adzan niscaya itu lebih baik bagi mereka. Rasululllah  pernah memperingati umatnya untuk memenuhi panggilan adzan bagi siapa yang mendengarnya, beliau bersabda :

“Barangsiapa mendengar (panggilan) adzan lalu dia tidak memenuhi(nya), maka tidak ada shalat baginya kecuali karena ada udzur.” (HR. Ibnu Majah, Ibnu Hibban)

Baca Juga : Seperti Shalat Semalam Penuh

Dalam riwayat lain, dari sahabat Abu Musa al-Asy’ari, dia berkata Rasulullah ﷺ bersabda :

“Barangsiapa mendengar panggilan adzan dalam keadaan tidak punya kesibukkan dan dalam keadaan sehat lalu dia tidak menjawabnya, maka tidak ada shalat baginya.” (HR. Al-Hakim)

Sementara dari Ibnu Abbas radhiallahu anhu, dia berkata :

“Barangsiapa mendengar (seruan), ‘Hayya ‘alal Falah’ (mari menuju kemenangan), lalu dia tidak memenuhinya, maka dia telah meninggalkan sunnah Muhammad, Rasulullah .” (HR. Ath-Thabrani)

Untuk kondisi saat ini, rasanya sedikit tidak mungkin bagi seseorang tidak mendengar adzan dari tempat mereka berada, karena banyaknya jumlah masjid di negeri ini dan selalu berkumandang ketika waktu-waktu shalat tiba. Wahai kaum muslimin, apakah yang menahan langkah kakimu menuju panggilan Allah? Apakah kalian merasa berat untuk meninggalkan urusan dunia dan memenuhi panggilan Allah? Naudzubillah tsumma naudzubillah.

Referensi : Shahih at-Targhib wa at-Tarhib Jilid 1, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani (Darul Haq : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *