Karena Anda Tidak Aman Dari Kesyirikan
DASAR ISLAM, KEIMANAN

Takutlah!! Karena Anda Tidak Aman Dari Kesyirikan

Alomuslim.com – Sebagian umat muslim merasa dirinya telah aman dalam keislaman dan yakin kalau dirinya akan selalu berada dalam keadaan Islam, sehingga mereka tidak lagi merasa takut terjatuh kepada kesyirikan. Pemikiran seperti ini sebaiknya dijauhkan dari setiap kepala umat muslim, karena tidak ada sesuatupun yang dapat menjamin bagi setiap orang akan terbebas dari kesyirikan.

Bahkan, seorang Nabi sekalipun masih merasa takut kalau dirinya akan terjatuh dalam kesyirikan, karenanya mereka berdoa memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar dijauhkan dari kesyirikan. Sebagaimana Nabi Ibrahim alaihissallam yang berdoa kepada Allah agar dirinya dan anak cucunya dijauhkan dari berbuat kesyirikan.

“..Dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku agar tidak menyembah berhala.” (QS. Ibrahim : 35)

Maka bagaimana bisa kita yang hanya seorang manusia biasa, merasa aman dan yakin tidak akan terjatuh dalam kesyirikan? Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam saja yang hidup jauh sebelum masa kita sekarang ini, justru sudah merasa takut kalau kesyirikan akan menimpa umatnya.

Dalam sebuah hadist disebutkan :

“Sesungguhnya yang paling aku takutkan menimpa atas kalian adalah perbuatan syirik kecul.” Mereka (para sahabat)pun bertanya, ‘Apakah syirik kecil itu, wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab, ‘Riya’.” (shahih. HR. Ahmad V/428. 429 dan at-Thabrani no. 4301)

Pengertian dan Jenis Syirik

Syirik secara etimologi adalah persekutuan yang terdiri dari dua atau lebih. Sedangkan secara terminologi, syirik merupakan perbuatan menyekutukan Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan mengadakan suatu tandingan bagi Allah, dalam perbuatan-Nya, Ibadah kepada-Nya dan nama serta sifat-Nya.

Syirik terbagi menjadi dua, yakni :

1. Syirik Akbar ( Syirik Besar )

Maksud dari syirik akbar adalah mempersekutukan (mempersembahkan) salah satu jenis peribadahan kepada selain Allah. Setiap keyakinan, perkataan, maupun perbuatan yang dipersembahkan kepada selain Allah, maka ini adalah kesyirikan dan kekufuran.

Beberapa contoh perbuatan yang termasuk dalam syirik akbar diantaranya berdoa memohon sesuatu kepada selain Allah, mengkhususkan ibadah kepada selain Allah, menyembelih atau memotong hewan untuk dipersembahkan kepada selain Allah dan yang sejenisnya.

Maka bagi orang yang melakukan ini, dengan menyadari perbuatannya tanpa ada paksaan yang membahayakan nyawanya, secara otomatis hal itu telah membatalkan keislamannya.

2. Syirik Ashgar ( Syirik Kecil )

Maksudnya adalah segala keinginan, perkataan, maupun perbuatan yang tidak mencapai tingkat ibadah tetapi mengantarkan atau sebagai perantara menuju syirik akbar. Termasuk didalamnya yakni, berlebihan dalam menghormati orang shalih, bersumpah dengan nama selain Allah, riya’ dan yang lainnya.

Pahamilah kedua jenis kesyirikan ini, perbanyaklah berdoa memohon kepada Allah dan menuntut ilmu agama agar kita bisa dijauhkan dari terjatuh dalam kesyirikan. Sungguh kesyirikan merupakan keburukan yang paling buruk, tidak ada kebaikan sedikitpun bagi pelakunya di dunia dan akhirat. Allahu yahdik. 

Referensi :

  • Syarah Kitab Tauhid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2016)
  • Memahami Makna Syirik, Roni Nuryusmansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *