apa itu istinja
BERSUCI, DASAR ISLAM

Apa Itu Istinja ?

Alomuslim.com – Apa Itu Istinja ? Dalam syariat Islam ada istilah yang seringkali disebutkan dalam pembahasan mengenai bersuci, yakni Istinja’. Mungkin sebagian kaum muslim masih belum memahami mengenai makna dari istilah tersebut.

Istinja’ secara Bahasa adalah mengliangkan penggangu. Sementara dalam define syariat adalah menghilangkan segala sesuatu yang keluar dari dua lubang (qubul  dan dubur) dengan air atau batu dan yang lainnya.

Istinja’ dalam pandangan Islam adalah wajib hukumnya. Hal itu dilakukan dari segala sesuatu yang keluar dari dua lubang seperti l air seni, madzi, dan kotoran manusia (tinja). Ini merupakan pendapat yang dikuatkan oleh para ulama.

Adapun yang menjadi sandaran para ulama dalam perkara itu adalah sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam :

“Jika salah seorang diantara kalian pergi untuk buang hajat, hendaknya dia membersihkan dengan tiga batu, sesungguhnya hal itu telah mencukupinya.” (hasan. HR. Abu Dawud no. 40, An-Nasa’I 1/18 dan Ahmad 6/108-133)

Dalam riwayat lain disebutkan :

“Janganlah salah seorang diantara kalian beristinja kurang dari tiga batu.” (HR. Muslim no. 262, dan yang lainnya)

Pengunaan batu sebagai alat untuk beristinja’ sudah hampir ditinggalkan, sehingga pada hari ini dapat digantikan dengan menggunakan air dan tisu. Hadits diatas menyebutkan bahwa beristinja’ tidak boleh kurang dari tiga batu, atau bisa dimaknakan dengan tiga gayung air atau dengan tiga kali menyeka menggunakan tisu bersih.

Larangan menggunakan kurang dari tiga batu adalah bentuk pengharaman. Jika diharamkan untuk meninggalkan sebagian hal yang najis, maka meninggalkan keseluruhannya lebih tidak diperbolehkan.

Wallahu a’lam.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 1, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *