Apa Yang Dilakukan Ketika Anda Ragu Dengan Islam
DASAR ISLAM, KEIMANAN

Apa Yang Dilakukan Ketika Anda Ragu Dengan Islam?

Alomuslim.com – Apakah anda pernah merasa ragu dengan agama Islam yang anda peluk? Apakah anda pernah merasa kalau Islam bukanlah agama yang benar? Apakah anda pernah merasa bahwa agama Islam memiliki ajaran yang tidak sesuai dengan kehidupan modern saat ini? Atau anda memiliki berbagai pertanyaan yang menguatkan keraguan anda terhadap Islam?

Pahamilah, bahwa semua keraguan tersebut berasal dari bisikan setan, baik dari golongan jin maupun manusia, yang menginginkan kesesatan dan kehancuran atas diri anda. Sebagaimana ketika iblis, nenek moyang mereka, yang membisikan pikiran jahat kepada Nabi Adam alaihissallam untuk melakukan perbuatan dosa dengan melanggar perintah Allah untuk memakan buah terlarang.

Sungguh permusuhan iblis dengan Bani Adam sangatlah besar. Oleh karenanya Iblis sampai memohon penangguhan kepada Allah hingga hari Kiamat, bahkan bersumpah kepada Allah bahwa ia dan semua keturunannya serta pengikutnya dari jenis setan, akan melakukan berbagai upaya untuk menyesatkan Bani Adam dari jalan kebenaran.

Iblis berkata, ‘Demi kemuliaan-Mu, pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang terpilih diantara mereka.’ (QS. Shaad : 82-83) Dalam ayat yang lain, iblis juga berkata, ‘Karena Engkau telah menyesatkan aku, pasti aku akan selalu menghalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus, kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur.’ (QS. Al A’raf : 16-17)

Perhatikanlah kedua surat tersebut, maka tidak aneh apabila anda yang selama ini berada diatas hidayah Islam, akan senantiasa ada setan, baik dari golongan jin dan manusia, yang membisiki anda pemikiran-pemikiran yang membuat keraguan dengan Islam. Dan ketahuilah wahai saudaraku, hidayah itu tidak akan selamanya mendiami hatimu, ia bisa lepas kapanpun tanpa engkau sadari.

Maka ketika muncul berbagai pikiran-pikiran yang membuat anda ragu dengan Islam, saat itulah hidayah anda dipertaruhkan. Ketika anda menuruti pikiran-pikiran tersebut maka lepaslah hidayah dari hati anda dan jatuhlah anda kedalam kesesatan. Tetapi kalau anda mampu menepis pikiran-pikiran tersebut, maka selamatlah anda dari kehancuran.

Untuk mengokohkan hidayah dan menepis berbagai bisikan setan, maka senantiasalah berdoa memohon kepada Allah untuk dikokohkan hidayah dan juga perbanyaklah membaca firman Allah dengan memahami makna setiap ayat yang anda baca. Sungguh anda akan senantiasa berada diatas jalan yang lurus selama anda berpegang kepada Al Qur’an. Ketika anda sedang mengalami keraguan terhadap Islam, jangan sekali-kali anda meninggalkan Al Qur’an dengan berpaling kepada perkataan manusia, sungguh Al Qur’an akan membimbing anda kepada kebahagiaan.

Allah berfirman ;

“Sungguh, al-Qur’an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang Mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.” (QS. Al Isra’ : 9)

Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya.

Referensi : Al Qur’an Al Karim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *