Apa Yang Dilakukan Ketika Shalat, Kemudian Handphone Berbunyi?
DASAR ISLAM, SHALAT

Apa Yang Dilakukan Ketika Shalat, Kemudian Handphone Berbunyi?

Alomuslim.com – Kejadian handphone yang berbunyi, baik karena adanya telepon masuk atau sekedar pesan pemberitahuan, sudah sangat sering terjadi ketika shalat berjamaah di masjid-masjid di lingkungan kita. Hal itu jelas sangat mengganggu kekhusuan shalat berjamaah. Terlebih lagi bagi si pemilik handphone, pasti ia merasakan ketidaknyamanan dan kebingungan terhadap situasi yang dihadapinya. Maka apa yang sebaiknya dilakukan dalam kedaan demikian?

Para ulama telah bersepakat, bahwa banyak melakukan gerak dapat membatalkan shalat seseorang. Dan juga dalam gerakan yang sedikit, dibolehkan bagi seseorang melakukan sedikit gerakan dan hal tersebut tidak membatalkan shalatnya. Bergerak dalam shalat tidaklah terlarang secara mutlak. Demikian halnya dengan melakukan banyak gerakan yang dibutuhkan, tidaklah membatalkan shalat seseorang.

Terdapat banyak dalil yang menunjukkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam melakukan banyak gerakan dalam shalatnya. Seperti salah satunya, pada hadits yang menyebutkan bahwa beliau pernah shalat sambil menggendong cucunya, yang terkadang diletakkan ketika beliau sujud dan kemudian menggendongnya lagi ketika beliau berdiri. (HR. Bukhari, Muslim)

Artinya dalam hal ini, gerakan yang banyak ketika shalat selama itu dibutuhkan, tidaklah membatal shalat. Dan para ulama juga bersepakat, bahwa menghilangkan gangguan untuk menjaga kekhusyuan shalat adalah hal yang diperbolehkan. Al Hafizh Ibnu Hajar menjelaskan,

إزالة التشويش عن المصلي بكل طريق محافظة على الخشوع

“Menghilangkan segala yang mengganggu orang yang shalat dengan cara apapun, dapat menjaga untuk terus khusyu.” (Fathul Bari, 2/289)

Mengingat suara handphone yang berbunyi sangat mengganggu, sehingga merusak kekhusyukan shalat orang-orang yang di sekitarnya. Maka dibolehkan melakukan gerakan untuk mematikan bunyi handphone, terlebih bila bisa dilakukan dengan gerakan yang sedikit. Wallahu a’lam. 

Referensi :

  • Hukum Bergerak Lebih Tiga Kali Ketika Shalat, Ammi Nur Baits
  • Mematikan Hp Ketika Shalat, Ammi Nur Baits

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *