Apakah Anda Pernah Merasa Waktu Berlalu Begitu Cepat ?

Apakah anda pernah merasa waktu berlalu begitu cepat

Alomuslim.com – Apakah anda pernah merasa waktu berlalu begitu cepat? Mungkin hampir sebagian besar orang akan menjawab, Ya. Mereka merasa waktu berlalu dengan sangat cepat, padahal mereka telah hidup di dunia selama puluhan tahun. Tapi hal itu tidak membuat mereka merasa telah lama hidup di dunia.

Ketahuilah, bahwa salah satu tanda diantara pertanda hari Kiamat adalah waktu semakin cepat berlalu. Hal ini pernah disampaikan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu anhu,

“Hari Kiamat tidak akan datang sampai, ilmu dicabut, sering terjadi gempa, zaman semakin cepat, banyak terjadi fitnah…” (HR. Bukhari no. 1036, Muslim no. 157)

Dalam hadits di atas disebutkan zaman semakin cepat, bahwa hal tersebut bermakna pendeknya atau cepatnya waktu yang akan dialami oleh manusia di akhir zaman hingga menjelang hari Kiamat. Hingga mereka merasa hidup menjadi sangat singkat.

Manusia merasa seolah-olah hidup setahun seperti sebulan, sebulan seperti seminggu dan semakin singkat lagi. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ;

“Hari Kiamat tidak akan terjadi sebelum zaman semakin berdekatan (pendek) : setahun seperti sebulan, sebulan seperti se-Jumat (sepekan), se-Jumat seperti sehari, dan sehari seperti sesaat. Satu saat yang dimaksud adalah (seperti) nyala api yang membakar ranting kering.” (HR. Ahmad dan At Tirmidzi)

Makna dari zaman semakin cepat juga bisa dipahami dengan semakin dekatnya satu wilayah dengan wilayah yang lain, sehingga untuk menempuh perjalanan yang dahulu harus dilakukan selama berbulan-bulan, tetapi kemudian bisa ditempuh hanya dalam waktu beberapa jam.

Atau maknanya juga bisa dipahami ketika dunia memasuki sebuah zaman dimana tuntutan manusia semakin tinggi, sehingga tidak pernah merasa cukup waktu untuk memenuhi berbagai tuntutannya itu. Hingga hari begitu cepat berlalu tanpa bisa dioptimalkan pemanfaatannya sesuai dengan keinginan yang telah direncanakan.

Bukankah semua indikasi ini telah banyak kita jumpai hari ini?

Wallahu a’lam.

Referensi :Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad al-Mubayyadh (Granada Mediatama : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *