Apakah Anda Sering Melakukan Hal Ini?
AKHLAK, DASAR ISLAM

Apakah Anda Sering Melakukan Hal Ini?

Alomuslim.com – Pernakah anda merasa senang ketika melihat orang lain, mungkin orang yang anda benci atau siapapun mereka, mengalami kesulitan atau sebuah musibah? Pernahkah anda mengharapkan nikmat yang dimiliki seseorang, baik harta, ilmu, kedudukan maupun kehormatan, hilang atas orang tersebut dan berpindah kepada anda?

Maka berhati-hatilah, karena hal itu merupakan sifat hasad (iri dengki) dan ia bukanlah sebuah akhlak mulia. Sebab sifat hasad ini akan menghilangkan dari diri seorang muslim dua akhlak mulia, yaitu ; cinta kebaikan dan Itsar (mendahulukan orang lain). Rasulullah shallallahu alaihi was sallam bersabda :

“Jauhilah olehmu hasad (iri dengki), karena sesungguhnya hasad itu memakan kebaikan sebagaimana api melahap kayu bakar atau rumput kering.” (HR. Abu Dawud no. 4903)

Bagi seorang muslim, ia harus membenci sifat hasad ini karena sifat hasad termasuk dalam kategori menentang ke-Mahaadilan Allah dalam pembagian karunia serta nikmat-Nya kepada para makhluk. Allah berfirman,

أَمْ يَحْسُدُونَ النَّاسَ عَلَىٰ مَا آتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۖ فَقَدْ آتَيْنَا آلَ إِبْرَاهِيمَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَآتَيْنَاهُمْ مُلْكًا عَظِيمًا

“Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang telah Allah berikan kepadanya?” (QS. An Nisa : 54)

Dalam ayat yang lain Allah Ta’ala berfirman :

أَهُمْ يَقْسِمُونَ رَحْمَتَ رَبِّكَ ۚ نَحْنُ قَسَمْنَا بَيْنَهُمْ مَعِيشَتَهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۚ وَرَفَعْنَا بَعْضَهُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ

“Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Rabb-mu? Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat.” (QS. Az Zukhruf : 32)

Jika terlintas dalam pikiran anda untuk berlaku hasad, maka anda harus berusaha menolak pikiran tersebut, jangan sampai anda berkata atau bertindak menurutinya. Apabila anda melihat orang lain menerima sebuah nikmat atau karunia dari Allah, maka ucapkanlah, ‘Masyaa Allah’ (segala sesuatu atas kehendak Allah), dengan cara ini maka rasa hasad tidak akan berpengaruh pada diri anda dan semoga Allah menjauhkan anda darinya. Allahumma aamiin. 

Referensi : Minhajul Muslim, Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jaza’iri (Darul Haq : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *