Apakah Boleh Sedekah Untuk Orang Non Muslim?

Sedekah Untuk Orang Non Muslim

Alomuslim.com – Secara umum, sedekah sangat dianjurkan untuk diberikan kepada kaum muslimin yang membutuhkan. Sehingga dengan harta yang disedekahkan diharapkan akan membantu kaum muslimin tersebut untuk mengerjakan kebaikan dan melakukan ketaatan kepada Allah. Bahkan sedekah sangat dianjurkan untuk diberikan kepada orang shalih, orang yang senantiasa berbuat kebaikan serta orang yang senantiasa menjaga kehormatan diri dan agamanya, agar orang tersebut dapat terus mengerjakan amal ibadah.

Namun, sedekah juga tidak dilarang untuk diberikan kepada orang-orang non muslim, tetapi dengan catatan, non muslim tersebut bukanlah orang-orang yang memerangi Islam atau menjajah negeri Islam dan mengusir kaum muslimin dari negerinya. Kalau sedekah untuk golongan tersebut maka masuk dalam kategori haram dan merupakan perbuatan dosa besar karena telah tolong menolong dengan orang-orang yang memerangi kaum muslimin. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu..” (QS. Mumtahanah : 8)

Adapun bagi orang non muslim secara umum, yang hidup berdampingan dengan kaum muslimin, maka hal tersebut termasuk sesuatu yang dibolehkan dan tetap dihitung sebagai amal ibadah yang berpahala karena membantu sesama makhluk Allah. Sebagaimana seseorang juga akan mendapatkan pahala ketika memberikan makanan kepada kucing, anjing dan binatang lainnya.

Tetapi, alangkah lebih baik lagi apabila sedekah diberikan kepada seorang non muslim yang diharapkan bisa masuk Islam. Dengan sedekah itu diharapkan menjadi salah satu cara untuk melembutkan hati mereka. Sedekah yang seperti itu pernah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada orang-orang musyrik yang diharapkan bisa masuk Islam. Dengan sedekah yang seperti itu, seseorang akan mendapatkan pahala yang besar. Dalam hal ini sangat penting untuk diperhatikan oleh kaum muslimin, agar tidak memberikannya dalam rangka memeriahkan hari raya atau ritual orang-orang non muslim. Wallahu a’lam bishawab.

Referensi :

  • Hukum Memberikan Sedekah Kepada Orang Kafir, Ammi Nur Baits (Konsultasi Syariah : 2013)
  • Bolehkah Bersedekah Pada Non Muslim?, video singkat Dr. Firanda Andirja, MA (Pembela Sunnah Youtube Channel : 2016)
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like