Apakah Jenazah Bayi dan Anak Kecil Harus Dishalati
DASAR ISLAM, KEMATIAN DAN JENAZAH

Apakah Jenazah Bayi dan Anak Kecil Harus Dishalati?

Alomuslim.com Tidak ada perselisihan diantara para ulama, bahwa bayi jika sudah bisa menangis (berteriak) atau bersin kemudian meniggal dunia, maka ia harus dishalati. Demikian halnya dengan jenazah anak kecil. Maksud anak kecil disini adalah mereka yang belum baligh.

Adapun yang diperselisihkan oleh para ulama adalah jika bayi itu tidak berteriak (bersuara) ketika keluar dari rahim kemudian meninggal dunia. Golongan pertama berpendapat bayi yang demikian tidak perlu dishalati. Mereka berdalil dengan hadits yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah dan Al Manshur bin Mukhrimah radhiallahu anhumma, bahwa Rasulullah bersabda,

“Bayi yang meninggal dunia itu tidak mewarisi kecuali jika ia telah berteriak.” (shahih. HR. At Tirmidzi no. 1032, An Nasa’i no. 6358, 6359 dan yang lainnya)

Adapun pendapat yang paling kuat menyebutkan bahwa bayi yang gugur tetap harus dishalati. Ulama yang bersepakat dengan pendapat ini mengemukakan dalil dari Nabi shallallahu alaihi was sallam :

“Bayi yang gugur itu dishalati dan orang tuanya didoakan agar mendapat ampunan dan rahmat.” (shahih. HR. At Tirmidzi no. 1031, AN Nasa’i 4/258, 360, Ibnu Majah no. 1507 dan Ahmad 4/247, 249)

Imam An Nawawi rahimahullahu berkata, ‘Secara zhahir, bayi yang gugur (dalam kandungan) itu dishalati jika telah ditiupkan ruh dan telah berumur empat bulan. Jika ia gugur sebelum masa itu, maka tidak perlu dishalati ; karena yang demikian itu tidak dinamakan sebagai mayit.’

Imam An Nawawi menyandarkan penapatnya kepada sebuah hadits dari Abdullah bin Ma’ud,

“Sesungguhnya penciptaan salah seorang dari kalian setelah berkumpul selama empat puluh hari dalam perut ibunya, kemudian menjadi segumpal darah, lalu membentuk daging, lalu Allah mengutus malaikat..dan ditiupkan ruh kepadanya.” (HR. Bukhari no. 3208, Muslim no. 643)

Wallahu a’lam.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 1, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *