Apakah Lelaki Boleh Buang Air Kecil Sambil Berdiri
BERSUCI, DASAR ISLAM

Apakah Lelaki Boleh Buang Air Kecil Sambil Berdiri ?

Alomuslim.com – Pada masa sekarang ini, sangat banyak kita mendapati di tempat-tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, terminal, bandara, bahkan di masjid-masjid, atau yang lainnya, khusus untuk toilet lelaki menggunakan model tempat pembuangan (kloset) berdiri. Apakah boleh seseorang buang air kecil sambil berdiri?

Aisyah radhiallahu ‘anha di berkata. ‘Barangsiapa yang mengatakan kepada kalian bahwa Nabi shallallahu alaihi was sallam pernah buang air kecil dengan berdiri, maka jangan kalian percaya, sebab Nabi shallallahu alaihi was sallam tidak pernah buang air kecil kecuali dengan cara duduk.” (shahih. HR. At Tirmidzi no. 12, An Nasa’i 1/26, Ibnu Majah no. 307 dan Ahmad 6/136)

Dalam hadits ini, menjelaskan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi was sallam selalu buang air kecil dalam keadaan duduk (jongkok). Tetapi dalam riwayat lain, yang disampaikan oleh Hudzaifah radhiallahu anhu, dia menyebutkan bahwa Nabi shallallahu alaihi was sallam menuju kamar mandi suatu kaum, lalu beliau buang air kecil dengan berdiri, maka akupun berpaling, beliau berkata,

“Mendekatlah” hingga akhirnya aku mendekati hingga aku berdiri di belakang beliau, beliau lalu berwudhu dan mengusap dua khufnya. (HR. Bukhari no. 126, Muslim no. 273, dan lainnya)

Sehingga dengan menggabungkan dua hadits diatas, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa tidak ada hukum makruh buang air kecil sambil berdiri selama bisa menjaga dari percikan air seni. Riwayat mengenai Nabi shallallahu alaihi was sallam buang air kecil sambil duduk tidak meniadakan bolehnya buang air kecil sambil berdiri, karena ada ketetapan bahwa beliau juga pernah kencing sambil berdiri.

Wallahu a’lam.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 1, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *