Apakah Menyentuh Lawan Jenis Membatalkan Wudhu
BERSUCI, DASAR ISLAM

Apakah Menyentuh Lawan Jenis Membatalkan Wudhu?

Alomuslim.com – Menyentuh lawan jenis dapat membatalkan wudhu, merupakan pemahaman yang dipahami dan berlaku di kalangan umat muslim di negara kita. Adapun mereka menyandarkan pemahamannya dari pendapat Imam Asy Syafi’i. Menurut imam Asy Syafi’i, lelaki menyentuh perempuan atau sebaliknya, secara mutlak dapat membatalkan wudhu dan ini juga sesuai dengan perkataan Ibnu Mas’ud serta Ibnu Umar radhiallahu anhumma. 

Adapun pendapat ini berpijak pada firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :

“..atau menyentuh perempuan lalu kamu tidak memperoleh air, bertayamumlah.” (QS. Al Maa’idah : 6)

Ibnu Ma’sud dan Ibnu Umar menafsirkan ayat ini bahwa menyentuh dalam ayat tersebut bermakna selain Jima’ atau menyentuh wanita secara mutlak. 

Sementara Imam Malik dan Imam Ahmad berpendapat, menyentuh lawan jenis tidak membatalkan wudhu secara mutlak, melainkan apabila menyentuhnya dengan syahwat. Dan ini merupakan riwayat yang paling masyhur dari madzhab keduanya.

Pendapat terkuat dalam perkara ini adalah menyentuh lawan jenis tidak membatalkan wudhu secara mutlak. Sebagaimana diyakini oleh ulama madzhab Abu Hanifah, beberapa orang sahabat, ulama generasi Tabi’in dan syaikhul Islam Ibnu Taimiyah serta ini merupakan perkataan Ibnu Abbas. Adapun yang menguatkan pendapat ini adalah hadits dari Aisyah radhiallahu anhu :

“Aku kehilangan Rasulullah shallallahu alaihi was sallam dari tempat tidur pada suatu malam, aku mencari-carinya dan tanganku-pun menyentuh/memegang bagian dalam kaki beliau pada saat beliau berada di tempat shalat dan tengah berdoa..” (HR. Muslim no. 222, Abu Dawud no. 865, At Tirmidzi no. 3819)

Dan ada beberapa hadits yang serupa dengan hal tersebut yang menyebutkan tidak batalnya wudhu seseorang apabila menyentuh lawan jenis secara mutlak. Wallahu Ta’ala a’lam bish showab.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah JIlid 1, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *