Apakah Wanita Boleh Ikut Menshalati Jenazah
DASAR ISLAM, KEMATIAN DAN JENAZAH

Apakah Wanita Boleh Ikut Menshalati Jenazah ?

Alomuslim.com – Jarang kita menyaksikan para wanita muslimat yang ikut menshalati jenazah. Mungkin karena sebab tidak tahu atau memang memiliki pemahaman bahwa wanita tidak boleh menshalati jenazah. Jelas ini menunjukkan bahwa ilmu belum sampai kepada mereka.

Sesungguhnya dibolehkan bagi wanita untuk ikut menshalati jenazah, namun untuk mengantarkan jenazah tidak diperbolehkan. Ini yang justru terbalik dan terjadi pada sebagian wanita muslimat di negara kita. Mereka tidak menshalati tetapi malah ikut mengantarkan jenazah.

Wanita dibolehkan ikut menshalati jenazah dengan catatan pada saat itu ia sedang berada di masjid. Artinya, bukan dengan mengkhususkan diri untuk berangkat ke masjid agar dapat ikut menshalati jenazah. Hal ini sebagaimana yang dicontohkan oleh ummul mukminin Aisyah radhallahu anha, ketika ia memerintahkan jenazah Sa’ad bin Abu Waqash radhiallahu anhu untuk dibawa ke masjid.

Pada saat itu Aisyah ikut menshalati jenazah Sa’ad, namun ketika melihat hal itu, kemudian orang-orang mengingkari perbuatannya. Maka Aisyah mengatakan, ‘Sungguh cepat sekali manusia lupa, tidaklah Rasulullah menshalati Suhail bin Al Baidha’ kecuali di Masjid.’ (HR. Muslim no. 973, Abu Dawud no. 3173 dan An Nasa’i 4/68)

Faidah lain yang bisa diambil dari kejadian tersebut adalah shalat jenazah boleh dilakukan dalam masjid, tetapi yang lebih afdhal, shalat jenazah dilakukan di luar masjid, yaitu di tempat yang cukup untuk melakukan shalat jenazah. Demikian yang telah dicontohkan Nabi shallallahu alaihi was sallam dan juga yang sering beliau lakukan.

Wallahu a’lam bishawab.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 1, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *