Apakah Zakat Boleh Disalurkan Kepada Selain Delapan Kelompok ? – Alomuslim

Apakah Zakat Boleh Disalurkan Kepada Selain Delapan Kelompok ?

Apakah Zakat Boleh Disalurkan Kepada Selain Delapan Kelompok

Alomuslim.com – Apakah Zakat Boleh Disalurkan Kepada Selain Delapan Kelompok? Syariat Islam telah menetapkan delapan kelompok orang yang dapat menerima zakat. Diantaranya adalah : (1) orang fakir, (2) orang miskin, (3) pengurus zakat, (4) mu’allaf (orang yang baru memeluk Islam), (5) untuk memerdekakan budak, (6) orang yang berhutang, (7) fii sabilillah (untuk jalan Allah) dan (8) orang yang sedang dalam perjalanan.

Mayoritas ulama, dari Madzhab Hanafi, Maliki dan Hambali, berpendapat membolehkan penyaluran zakat tidak harus meliputi kedelapan kelompok tersebut. Melainkan hanya menyalurkan kepada salah satu dari mereka saja, pada saat kelompok yang lainnya-pun ada.

[irp posts=”2566″ name=”Inilah Keutamaan Dan Manfaat Menunaikan Zakat”]

Para ulama berpegang pada dalil dari beberapa hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, salah satunya :

“(Zakat) diambil dari orang-orang kaya diantara mereka dan diberikan kepada orang-orang miskin diantara mereka.” (HR. Bukhari, Muslim)

Orang-orang miskin merupakan salah satu dari kelompok yang delapan. Dan hadits ini menunjukkan bahwa menyalurkan zakat hanya kepada satu golongan saja, diperbolehkan.

Adapun Imam Syafi’i dan ulama dari kalangan Madzhab Syafi’i, berpendapat zakat harus disalurkan kepada delapan kelompok tersebut. Sesuai dengan makna ayat yang memerintahkan hal tersebut, yakni surat At Taubah ayat 60.

Wallahu a’lam.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *