As Syifa, Seorang Guru & Tabib Wanita

As Syifa, Seorang Guru & Tabib Wanita

As Syifa, Seorang Guru & Tabib Wanita – As Syifa bin Abdullah r.a adalah salah satu shahabiyah yang menyatakan keislamannya sebelum Rasulullah mendapatkan perintah hijrah, ia adalah seorang wanita dari kaum Quraisy yang pandai, ia memliliki kemampuan membaca dan menulis.

As Syifa adalah salah satu tokoh pendidik wanita pertama dalam islam, kemampuannya membaca dan menulis ia amal dengan mengajar para shahabiyah shahabiyah semata mata karena Allah SWT, As Syifah memiliki murid yang banyak pada masa itu salah satu muridnya adalah Hafsah binti Umar bin Khattab.

As Syifah juga memiliki kemampuan dalam hal pengobatan dengan ruqyah (Pengobatan dengan doa doa) ia pernah menunjukan kemampuan yang ia miliki kepada Rasulullah, As Syifa menunjukkan kepada Rasulullah cara menyembuhkan penyakit bisul dengan ruqyah. Setelah Rasulullah mengetahuo kemampuan As Syifa beliau meminta As Syifa untuk mengajarkan kepada Hafsah.

Rasulullah juga memberikan sebuah rumah kepada As Syifa di Madinah, dirumah tersebut ia tinggal bersama seorang putranya yaitu Sulaiman bin Abu Hatsmah, bahkan As Syifa menyembuhkan tetangga nya yang memiliki sakit gatal, ia merasa senang saudara saudara musliminnya dapat memanfaatkan tenaga dan kemampuannya.

As Syifa pun ikut berdakwah menyebarkan Islam, para sahabat yang lain pun menghargai dan menghormati As Syifa, bahkan dalam salah satu riwayat Khalifah Umar bin Khattab menyerahkan urusan pengaturan pasar pada As Syifa.

As Syifa hidup sampai tahun 20 Hijriah semua ilmu yang telah diajarkannya menjadi amal jariahnya yang akan terus dihitung walau sang pemilik telah meninggal dunia. Waallahualam Bisshowab.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *