Bacalah doa ini ketika keluar dan masuk rumah
DASAR ISLAM, DOA DAN DZIKIR

Bacalah Doa Ini Ketika Keluar Dan Masuk Rumah

Alomuslim.com – Setiap orang diantara kita pasti sering keluar dan masuk rumah. Tetapi, apakah sebagian diantara kita pernah membaca doa ketika hendak keluar dan masuk rumah? Atau mungkin sebagian diantara kita belum mengetahui doanya?

Betapa seringnya kita keluar dan masuk rumah, amat disayangkan apabila kita sampai tidak mengamalkan doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Seandainya kita mengetahui keutamaan dibalik doa tersebut, niscaya kita akan menyesali, betapa ruginya ketika mengabaikan keutamaan tersebut begitu saja.

Berikut beberapa doa dan juga dzikir yang telah diajarkan oleh Nabi ﷺ :

1. Doa Keluar Rumah

Ketika keluar rumah, hendaknya mengucapkan :

  • Bismillaahi, tawakkaltu alallaahi, laa haula wa laa quwwata illa billaahi.

“Dengan nama Allah (aku keluar rumah). Aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan upaya kecuali karena pertolongan Allah.”

Maka dikatakan kepadanya, ‘Engkau telah dicukupi, dilindungi, diberi petunjuk, dan diselamatkan dari syetan.’ (Shahih. HR. Abu Dawud no. 5095) At Tirmidzi no. 3426)

  • Allaahumma innii a’udzubika an adhilla, aw udholla, aw azilla, aw uzalla, az azhlima, aw uzhlima, aw ajhala, au yujhala ‘alayya.

‘Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu, jangan sampai aku sesat ataupun disesatkan (syetan atau orang jahat), tergelincir atau digelincirkan orang, menganiaya atau dianiaya orang lain, berbuat bodoh atau dibodohi orang lain.’ (Shahih. HR. Abu Dawud no. 5094, At Tirmidzi no. 3427, an-Nasa’i VIII/268, Ibnu Majah no. 3884)

2. Dzikir Masuk Rumah

Diriwayatkan dari shabat Jabir bin ‘Abdillah radhiallahu anhu bahwasanya ia pernah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila seseorang hendak memasuki rumah, kemudian ia berdzikir kepada Allah ketika masuk dan ketika makan, maka setan berkata (kepada teman-temannya) ; Tidak ada tempat bermalam dan tidak ada (jatah) makan malam bagi kalian.”

Dzikir yang dimaksudkan yaitu dengan mengucapkan : Bismillaah (HR. Muslim no. 2018)

Dan juga mengucapkan salam ketika akan masuk ke dalam rumah, baik ada ataupun tidak ada orang di dalam rumah. Perintah ini berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkah lagi baik.” (QS. An Nuur : 61)

Bayangkan saja, apabila kita masuk dan keluar rumah, baik setiap selesai shalat dari masjid ataupun waktu-waktu keluar lainnya, niscaya jumlah sunnah yang dapat diamalkan ketika keluar dan masuk rumah dalam sehari semalam bisa mencapai dua puluh sunnah. Betapa banyak kebaikan yang bisa diamalkan dengannya. Semoga Allah mudahkan kita mengamalkan doa ketika keluar dan masuk rumah.

Allahumma aamiin. 

Referensi :

  • Do’a & Dzikir, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2016)
  • 1000 Amalan Sunnah Sehari-hari, Khalid Al Husainan (Media Tarbiyah : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *