Bagaimana Cara Istinja Orang Yang Menderita Penyakit Beser
BERSUCI, DASAR ISLAM

Bagaimana Cara Istinja Orang Yang Menderita Penyakit Beser ?

Alomuslim.com – Apabila seseorang menderita sakit ‘beser’ (kencing yang terus menerus) atau penyakit yang sejenisnya, maka hendaknya ia beristinja’ dan berwudhu setiap kali hendak melaksanakan shalat. Dan air seni yang mengenainya tidak mengapa selama waktu shalat belum masuk. Inilah pendapat paling kuat dalam masalah ini, dan ulama yang sependapat diantaranya Imam Abu Hanifah, Imam Asy Syafi’i dan Imam Ahmad dan lainnya.

Seseorang yang mengalami sakit ‘beser’ dihukumi sama dengan wanita yang mengalami istihadhah -selalu mengeluarkan cairan seperti darah dari kemaluannya tetapi bukan darah haid-. Dalam hal ini Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda :

“Sesungguhnya itu adalah darah dari urat dan bukan haid, jika datang kepadamu masa haid, maka tinggalkanlah shalat, jika telah selesai waktunya, amak cucilah darah itu dan shalatlah.” (HR. Bukhari no. 228, Muslim no. 333, dan lainnya)

Adapun Imam Bukhari menyampaikan tambahan dengan redaksi :

“Kemudian berwudhulah setiap kali akan shalat, hingga sampai waktunya.”

Sesungguhnya ini adalah hukum yang ditolerir, agar tidak menyulitkan seseorang, sebab adanya syariat adalah untuk menghilangkan kesulitan pada umat. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.” (QS. AL Baqarah : 185)

Namun dalam perkara ini, seseorang harus berusaha sekuat tenaga untuk beristinja’ dan berwudhu sebelum melakukan shalat, dan jika tidak ada kesulitan, maka wajib melakukan hal itu. Wallahu a’lam.

Referensi :Shahih Fikih Sunnah Jilid 1, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *