Bagaimana Iman Bisa Naik Dan Turun
DASAR ISLAM, KEIMANAN

Bagaimana Iman Bisa Naik Dan Turun?

Alomuslim.com – Iman adalah sesuatu yang dapat menyelamatkan manusia di dunia dan akhirat serta menentukan kedudukannya disisi Allah pada hari Kiamat kelak. Dengan iman, seseorang akan mendapatkan kehidupan yang baik di dunia dan di akhirat ia akan dijauhkan dari siksa serta adzab Allah. Dengan iman, seseorang akan mendapatkan limpahan nikmat yang telah Allah janjikan berupa Surga. Sungguh, iman merupakan perkara yang sangat penting bagi setiap muslim.

Iman bukanlah sesuatu yang tetap dan tidak bisa berubah, tetapi iman adalah sesuatu yang bisa bertambah dan berkurang atau bisa naik dan juga turun. Hal ini sebagaimana banyak dijelaskan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala. Diantara ayat yang menjelaskan naik dan turunnya iman yakni :

لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَعَ إِيمَانِهِمْ

“Supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada).” (QS. Al-Fath : 4)

Sebab naik dan turunnya Iman

Ketika kita mengetahui bahwa iman itu bertambah dan berkurang serta naik dan turun, maka sebagai seorang muslim yang baik, kita harus bisa mempertahankan agar keimanan tidak turun dan berkurang. Kalau ingin mendapatkan derajat yang tinggi di sisi Allah serta kenikmatan yang telah dijanjikan, maka kita harus bisa menambah dan menaikan iman kita. Untuk bisa melakukan hal itu, kita harus mengetahui apa yang menjadi sebab naik dan turunnya iman.

Naik dan turunnya serta bertambah dan berkurangnya iman disebabkan oleh dua hal, yakni :

  • Ketaatan

Iman akan bertambah dengan ketaatan yang dilakukan oleh seseorang. Ketaatan disini adalah mentaati Allah dan Rasul-Nya dengan seluruh syariat yang telah ditetapkan atas diri seorang muslim. Melaksanakan ketaatan dapat diaktualisasikan dengan mengerjakan suatu amalan. Semakin baik amalan dan semakin banyak amalan yang diperbuat oleh seorang muslim, maka akan menambah keimanannya, sebab amalan tersebut bagian dari iman.

  • Kemaksiatan

Iman akan berkurang dengan kemaksiatan yang dilakukan oleh seseorang. Ketika seseorang mengerjakan perbuatan maksiat, maka pada saat itu keimanannya sedang turun dan berkurang. Dan hal ini tidaklah dipengaruhi melainkan oleh syaithan. Jadi pada hakikatnya kemaksiatan itu menjauhkan seseorag dari Allah dan mendekatkannya kepada syaithan. Ketika seseorang semakin gemar berbuat maksiat, maka bukan tidak mungkin keimanan didalam hatinya bisa padam dan hilang.

Oleh sebab itu, untuk menjaga iman, hal yang paling utama harus dilakukan oleh seorang muslim adalah dengan berdoa kepada Allah, karena hanya Allah-lah yang paling berkuasa untuk menambah keimanan dan menetapkan hati selalu dalam kebenaran atas seorang muslim. Kemudian kita bisa menetapi sebab-sebab yang bisa menambah keimanan, seperti menghadiri majelis ilmu, membaca Al Qur’an, berbuat kebaikan-kebaikan dan berteman dengan orang-orang shalih serta menjauhi berbagai perbuatan maksiat.

Wallahu a’lam.

Referensi :

  • Dalil Iman Itu Bertambah Dan Berkurang, Muhammad Abduh Tuasikal, MSc (Rumaysho)
  • Iman Bisa Bertambah Dan Berkurang, Kholid Syamhudi, Lc (Muslim)
  • Iman Itu Naik Dan Turun, video singkat Yufid TV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *