Banyaknya Pembunuhan Di Akhir Zaman

Banyaknya Pembunuhan Di Akhir Zaman

Alomuslim.com – Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa menjelang hari Kiamat akan banyak terjadi pembunuhan oleh manusia, yang disebabkan oleh kebodohan mereka. Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Menjelang hari Kiamat nanti, hari-hari banyak dipenuh oleh al-Harj. Saat itu, ilmu menjadi hilang dan kejahilan tersebar dimana-mana. (Abu Musa berkata, ‘Al-Harj artinya pembunuhan).” (HR. Bukhari no. 7067, Muslim no. 2672)

Hadits tersebut secara eksplisit menjelaskan yang dimaksud dengan al-harj adalah pembunuhan yang terjadi pada masa tertentu, dan diantara sebabnya adalah tersebarnya kebodohan dan hilangnya ilmu. Sementara dalam riwayat lain Rasulullah menyebutkan hal yang semakna dengan hadist sebelumnya, beliau bersabda ;

“Demi dzat yang jiwaku ini berada dalam genggaman-Nya, dunia ini tidak akan musnah sehingga orang-oang saling bunuh satu sama lain tanpa mengetahui apa penyebabnya. Demikian juga orang yang dibunuh, dia tidak tahu apa penyebabnya sehingga dia harus dibunuh.” Maka ditanyakanlah kepada beliau ‘Bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi?’ beliau menjawab, “Itulah al-harj, yang membunuh dan dibunuh sama-sama di neraka.” (HR. Muslim no. 2908)

Hadits tersebut menjelaskan bahwa pembunuhan yang terjadi bukanlah karena peperangan, tetapi bisa jadi mereka saling bunuh karena urusan dunia. Bisa juga dipahami bahwa maksud dari perbuatan tersebut dilakukan demi mencapai kepentingan pihak-pihak yang berkuasa. Mereka yang membunuh dan dibunuh sama-sama tidak tahu kenapa hal itu terjadi pada mereka.

Disamping itu hadits tersebut juga bisa ditafsirkan bahwa yang menjadi objek perebutan adalah perihal kepentingan dunia dan oleh karenanya antara yang membunuh dan yang terbunuh sama-sama di neraka. Wallahu a’lam. 

Referensi : Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad al-Mubayyadh (Granada Mediatama : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *