Beberapa Syarat Sa'i
DASAR ISLAM, HAJI

Beberapa Syarat Sa’i

Alomuslim.com – Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh seseorang yang berhaji ketika hendak melakukan sa’i. Dengan memperhatikan syarat-syarat tersebut diharapkan akan menjaga keabsahan ibadah yang dijalani. Diantara syarat sahnya sa’i antara Shafa dan Marwah adalah sebagai berikut :

  1. Hendaknya dilakukan setelah menyelesaikan thawaf secara benar sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh syariat.
  2. Sa’i dilakukan sebanyak tujuh kali putaran ; dari Shafa menuju Marwah dihitung satu kali putaran, dan dari Marwah menuju Shafa dihitung satu kali putaran, dan demikian seterusnya. Apabila lupa dalam hitungan sebelum sempurnanya sa’i, maka hendaknya ia berdasarkan pada keyakinan putaran yang lebih sedikit, seperti ketentuan yang ada dalam thawaf.
  3. Hendaknya memulai sa’i dari Shafa dan berakhir di Marwah. Apabila ia membaliknya dengan memulai putaran dari Marwah dan berakhir di Shafa, maka putarannya yang pertama tidak dihitung dan harus menyelesaikan putaran yang ketujuh atau dengan menambahkan satu putaran.
  4. Sa’i hendaknya dilakukan di jalan yang membentang antara Shafa dan Marwah. Hal ini berlandaskan perbuatan Nabi shallallahu alaihi was sallam dan beliau bersabda : “Ambillah oleh kalian manasik (haji) kalian dariku.” (HR, Muslim no. 1297, Abu Dawud no. 1970, An Nasa’I no. 302)

Demikianlah beberapa syarat sa’i yang harus diperhatikan dan dijaga bagi orang yang sedang berhaji. Wallahu a’lam bishawab.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *