Benarkah Memakai Celana Dibawah Mata Kaki Tempatnya Di Neraka
DASAR ISLAM, PAKAIAN

Benarkah Memakai Celana Dibawah Mata Kaki Tempatnya Di Neraka ?

Alomuslim.comTerdapat beberapa riwayat hadits yang menyebutkan tentang hukum memakai kain sarung atau celana hingga menutupi bagian mata kaki bagi seorang lelaki. Diantaranya :

Diriwayatkan dari Ibnu Umar radhiallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda,

“Barangsiapa menarik kainnya (yang melebihi mata kaki) karena sombong, maka Allah tidak akan mempedulikannya pada hari kiamat kelak.” HR. Bukhari, An Nasa’i dan Abu Dawud)

Berdasarkan hadits tersebut, sebagian ulama berpendapat bahwa hukum menurunkan kain sarung atau celana hingga di bawah mata kaki adalah haram, jika dilakukan dengan sombong. Tetapi makruh jika tidak karena sombong. Ini merupakan salah satu pendapat dari Imam Syafi’I dan ulama yang semadzhab dengannya.

Namun pendapat tersebutmenyelisihi hadits dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

“Tinggikanlah kain sarungmu sampai sebatas pertengahan betismu, kalau kamu enggan maka sampai sebatas mata kakimu; dan janganlah kamu menurunkan kain sarungmu di bawah mata kaki, karena sesungguhnya hal itu termasuk kesombongan, dan Allah tidak menyukai kesombongan.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Hibban, An Nasa’i dan Ahmad)

Hadits kedua, menjelaskan bahwa setiap perbuatan menurunkan kain atau celana hingga bawah mata kaki merupakan bentuk kesombongan, meskipun pelakunya berkilah ia tidak mengenakannya dengan sombong.

Maka keharaman menurunkan kain atau celana hingga bawah mata kaki adalah mutlak. Pelakunya juga diancam dengan neraka. Sebagaimana hadist Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu anhu,

“Yang dibawah mata kaki dari kain sarung adalah di neraka.” (HR. Bukhari, An Nasa’i, Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Wallahu a’lam.

Referensi :Shahih Fikih Sunnah Jilid 3, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *