Banyak Bencana Gempa Di Akhir Zaman

Bencana gempa di akhir zaman

Alomuslim.comBanyak Bencana Gempa Di Akhir Zaman, Pertanda ini telah banyak disebut-sebut oleh para da’i yang membahas tentang tanda-tanda akhir zaman. Mereka berpegang pada hadits dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang mengabarkan tentang peristiwa kiamat, yakni :

“Hari kiamat tidak akan datang sampai,.. banyak terjadi gempa..” (HR. Bukhari no. 7121)

Sebagian orang ada yang mengatakan bahwa tanda hari kiamat yang berupa gempa ini sudah terjadi pada masa sekarang ini. Betapa seringnya siaran televisi mengabarkan tentang persitiwa gempa yang terjadi di berbagai daerah dan juga dunia. Namun, sebaiknya tidak mudah mengambil kesimpulan bahwa hal tersebut merupakan tanda hari kiamat yang dimaksudkan dalam hadits di atas.

[irp posts=”2981″ name=”Hilangnya Ilmu Agama Di Akhir Zaman”]

Adapun pendapat yang lebih kuat, untuk menolak pendapat mengenai gempa yang terjadi pada hari ini sebagai tanda hari kiamat yang dimaksud adalah sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kepada Ibnu Hawalah ;

“Wahai Ibnu Hawalah, Jika engkau menyaksikan kekhilafahan telah tegak disekitar tanah yang disucikan (Baitul Maqdis), maka sesungguhnya saat itu akan banyak terjadi gempa, kesusahan, bencana, dan peristiwa-peristiwa besar. Pada saat itu kiamat telah amat dekat kepada manusia, lebih dekat daripada tanganku dengan kepalamu.” (shahih. HR. Abu Dawud no. 2517, Ahmad no. 22548)

Dalam riwayat lainnya juga disebutkan, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam  bersabda :

“Dan diantara tanda hari kiamat yang paling dekat adalah dua wabah kematian yang amat dahsyat dan setelah itu terjadi gempa selama beberapa tahun.” (HR. Ahmad no. 16966)

Dalam hadits pertama menyebutkan bahwa tanda-tanda gempa yang dimaksud sebagai pertanda kiamat adalah yang berkaitan dengan setelah tegaknya khilafah di Palestina. Hal ini tidak mengindikasikan pada gempa yang sering terjadi selama ini. Sedangkan pada hadits kedua mengisyaratkan sebuah kejadian besar berupa wabah kematian maha dahsyat, kemudian diikuti dengan tahun-tahun yang banyak terjadi gempa.

Ini menunjukkan bahwa banyaknya gempa yang terjadi menunjukkan sebagai satu tahapan kiamat yang sangat jelas.

[irp posts=”3065″ name=”Umat Akhir Zaman Akan Belajar Ilmu Dari Orang-orang Rendahan”]

Wallahu a’lam.

Referensi : Ensiklopedi AKhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad Al-Mubayyadh (Granada Mediatama : 2016)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *