Berapakah Jumlah Takbir Dalam Shalat Jenazah?
KEMATIAN DAN JENAZAH

Berapakah Jumlah Takbir Dalam Shalat Jenazah?

Alomuslim.com – Shalat jenazah telah umum dilakukan oleh umat muslim di Indonesia dengan empat kali takbir. Apakah jumlah tersebut merupakan yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan juga para sahabatnya ridwanallahu alaihi jami’an? 

Ternyata ada beberapa jumlah takbir yang dilakukan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan juga para sahabat, ketika melakukan shalat jenazah yaitu :

1. Empat Kali Takbir

Jumlah ini merupakan yang telah umum di kerjakan oleh sebagian besar kaum muslimin. Dalil dari pengerjaan shalat jenazah dengan empat kali takbir adalah hadits yang diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi pernah melaksanakan shalat ghaib atas kematian An-Najasyi dengan empat kali takbir. (HR. Bukhari no. 1334)

2. Lima Kali Takbir

Bagi sebagian besar kaum muslimin, jumlah lima kali takbir dan lebih dalam shalat jenazah adalah jumlah yang agak janggal, dan menyelisihi kebiasaan kaum muslimin. Telah ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa shalat jenazah dengan lima kali takbir pernah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Dari Abdur-rahman bin Abu Ya’la, ia berkata, ‘Zaid radhiyallahu ‘anhu pernah melakukan shalat atas jenazah kita dengan empat takbir, namun seuatu ketika beliau pernah melakukan dengan lima takbir pada jenazah yang lain, maka kami menanyakan hal itu, ia menjawab, ‘Bahwa Rasulullah pernah melakukan takbir tersebut.’ (HR. Muslim no. 957)

3. Enam Kali Takbir

Diriwayatkan bahwa Ali bin Abu Thalib radhiyallahu ‘anhu pernah melakukan enam takbir ketika menshalati pasukan yang meninggal pada saat perang Badr, enam takbir terhadap sahabat Rasulullah dan empat takbir kepada semua orang. (HR. Ibnu Abi Syaibah no. 11454)

4. Sembilan Kali Takbir

Ketika paman Nabi, Hamzah bin Abdul Muthalib radhiyallahu ‘anhu meninggal pada perang Uhud, kemudian beliau memerintahkan mayatnya dihadirkan dan memberinya kain penutup…lalu menshalatinya. Beliau menshalatinya dengan Sembilan takbir, setelah itu didatangkan kepadanya jenazah-jenazah yang lain tanpa menyingkirkan jenazah yang ada, lalu Rasulullah menshalatinya bersamaan. (hasan. HR. Ath-Thahawi 1/503)

Telah ada beberapa atsar (perilaku atau ucapan) yang shahih dari para sahabat radhiyallahu anhumma mengenai takbir dalam shalat jenazah, yaitu empat, lima enam dan sembilan kali takbir. Tetapi berdasarkan makna hadits yang telah disebutkan, shalat jenazah dengan jumlah takbir lebih dari empat kali adalah kekhususan untuk orang-orang yang memiliki keutaman dan keshalihan.

Wallahu a’lam. 

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 1, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *