Berhala Yang Pertama Disembah Di Muka Bumi
KISAH NABI DAN RASUL, KISAH PARA RASUL

Berhala Yang Pertama Disembah Di Muka Bumi

Alomuslim.com – Semenjak Nabi Adam alaihissallam turun ke bumi, umat manusia menjadi makhluk paling mulia yang mendiami bumi dan ini merupakan kemuliaan yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Salah satu kemuliaan yang dimiliki umat manusia adalah keimanan mereka kepada Allah. Tetapi Iblis, yang semenjak awal merasa hasad dengan Nabi Adam, berjanji bersama keturunannya dari golongan syaithan untuk menyesatkan umat manusia dari iman mereka kepada Allah.

Pada awalnya umat manusia benar-benar beriman kepada Allah dan hanya sebagiannya saja yang yang tidak beriman. Hingga berlalu beberapa generasi, setelah orang-orang shaleh diantara umat manusia wafat, Iblis dan keturunannya mulai membisikkan pikiran jahat kedalam hati umat manusia untuk mengagungkan orang shaleh tersebut. Dan ini hanyalah tipu daya Iblis untuk menyesatkan umat manusia.

Diantara nama orang-orang shaleh tersebut adalah Wadd, Suwa’, Yaghuts, Ya’uq dan Nasr. Mereka adalah orang-orang shaleh yang ada di antara generasi Nabi Adam hingga Nabi Nuh alaihissallam, mereka memiliki banyak pengikut yang menjadi teladan. Awalnya orang-orang shaleh tersebut dibuatkan patung hanya untuk mengingatkan tentang keshalehan dan untuk mengenangnya saja.

Setelah generasi tersebut berlalu, muncullah generasi berikutnya, Iblis dan keturunannya datang membisikkan mereka bahwa orang-orang sebelumnya menjadikan patung-patung orang shaleh tersebut sebagai perantara dalam meminta sesuatu. Hingga akhirnya patung tersebutpun disembah.

Dalam satu riwayat disebutkan, bahwa Wadd, nama salah seorang shaleh yang patungnya dijadikan sebagai berhala, merupakan laki-laki shaleh, ia amat disukai kaumnya. Saat ia meninggal dunia, kaumnya berdiam diri di sekitar makamnya dengan perasaan yang sangat sedih. Ketika melihat kesedihan mereka, Iblis datang dalam rupa manusia dan menawarkan kepada mereka untuk membuatkan patung seperti wujud Wadd untuk diletakkan di perkumpulan agar selalu bisa mengenangnya.

Tidak berhenti disitu, Iblis kemudian menawari juga untuk membuatkan patung-patung seperti itu untuk di tempatkan di setiap rumah. Merekapun terus mengenang Wadd dan menyebut-nyebutnya sambil melihat patung tersebut di rumah-rumah mereka. Hingga akhirnya anak-anak mereka melihat apa yang dilakukan oleh para orangtuanya, mereka melanjutkan melakukan hal tersebut.

Hingga akhirnya, setelah anak-anak mereka beranak-pinak dan tujuan mengenang Wadd seperti yang dilakukan oleh orang-orang yang pertama hilang. Patung Wadd-pun dijadikan tuhan oleh cucu-cucu mereka, yang kemudian mereka sembah selain Allah. Patung yang mereka sebut Wadd inilah yang menjadi berhala pertama yang disembah oleh umat manusia di muka bumi.

Wallahu Ta’ala a’lam.

Referensi : Kisah Para Nabi, Ibnu Katsir (Ummul Qura : 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *