Berhati-Hatilah Ketika Sikap Amanah Telah Hilang Diantara Umat Islam

Berhati-Hatilah Ketika Sikap Amanah Telah Hilang Diantara Umat Islam

Alomuslim.com – Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi was sallam bersabda :

“Jika amanah sudah disia-siakan maka tunggulah kedatangan hari Kiamat.” Maka seorang badui Arab bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi was sallam, ‘Bagaimanakah cara menyia-nyiakan amanah tersebut?’ Beliau menjawab, ‘Jika suatu perkara diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah saatnya (hari kiamat tiba)’.” (HR. Bukhari no. 6496)

Hadits diatas mengisyaratkan adanya dua pertanda yang saling berkaitan dan sama-sama menjadi tanda hari Kiamat, yaitu menyia-nyiakan amanah dan menyerahkan suatu perkara kepada orang yang bukan ahlinya. Sebagian ulama menyebutkan makna dari amanah adalah iman yang bersemayam di hati. Jika iman tersebut lurus niscaya dia akan menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya. Ada juga ulama yang menafsirkan amanah sebagai lawan dari perilaku khianat.

Sikap amanah ini akan hilang secara perlahan dari hati umat Islam. Bahkan, hal ini telah terjadi pada generasi awal umat Islam, sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Hudzaifah radhiallahu anhu. Menjelang akhir hayatnya, disebutkan bahwa Hudzaifah mulai meragukan tingkah laku orang-orang di sekitarnya, sampai-sampai dia tidak mau melakukan jual-beli, kecuali dengan orang-orang tertentu saja yang dikenalnya dan jumlahnya sangat sedikit.

Sekarang coba anda bayangkan, Hudzaifah saja yang hidup pada masa Rasulullah shallallahu alaihi was sallam sudah mulai merasa resah dengan dicabutnya amanah dari hati umat Islam. Lantas bagaimana dengan kondisi kita sekarang ini? Jarak zaman kita dengan masa sahabat sudah teramat jauh, hati mereka juga jauh berbeda dengan hati umat Islam hari ini.

Kondisi masyarakat Islam sudah banyak berubah, belum lagi fenomena kemungkaran yang terjadi dimana-mana, bahkan di wilayah yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Ini semua menunjukkan bahwa dimasa sekarang ini tercabutnya amanah merupakan pertanda hari Kiamat yang benar-benar nyata di hadapan kita.

Wallahu a’lam.

Referensi : Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad Al-Mubayyadh (Granada Media : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *