berjamaah di masjid
DASAR ISLAM, SHALAT

Kenapa Masih Malas Shalat Berjamaah Di Masjid?

Kenapa Masih Malas Shalat Berjamaah Di Masjid? – Tidak akan lelah kami menyeru kepada seluruh umat muslim, untuk mau menunaikan shalat berjamaah di masjid. Sudah sangat jelas, bahwa shalat berjamaah di masjid memiliki keutamaan dengan derajat yang lebih tinggi dibandingkan shalat sendirian, seperti dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Umar radhiallahu anhu, bahwasanya Rasulullah  bersabda :

[su_quote]“Shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari, Muslim)[/su_quote]

Mari kita renungi sejenak makna hadits diatas. Seandainya, ada seseorang yang menawari Anda pekerjaan dengan pilihan bayaran satu juta dan satunya lagi dengan bayaran dua puluh tujuh juta, yang manakah akan Anda pilih? Sangatlah wajar, ketika Anda memutuskan memilih pekerjaan dengan bayaran dua puluh tujuh juta, justru ketika Anda memilih pekerjaan dengan bayaran satu juta, kesehatan berpikir Anda layak dipertanyakan.

Baca Juga : Manfaat Mengerjakan Shalat

Demikian halnya, ketika Anda ditawari untuk menunaikan shalat dengan pilihan balasan kebaikan satu derajat dibandingkan dua puluh tujuh derajat, kenapa harus memilih yang satu derajat?

Keutamaan lainnya yang akan didapatkan bagi seorang muslim yang mau menunaikan ibadah shalat berjamaah di masjid adalah setiap langkah kakinya, Allah  akan mengangkatnya satu derajat dan menghapuskan darinya satu dosa. Berdasarkan hadits dari Rasulullah , :

“Jika seseorang berwudhu, kemudian ia menyempurnakan wudhunya, kemudian pergi ke masjid dengan maksud semata-mata untuk melaksanakan shalat, maka tidaklah ia melangkahkan kakinya satu lagkah, melainkan Allah akan mengangkatnya satu derajat serta menghapus darinya satu dosa hingga ia memasuki masjid…” (HR. Bukhari Noo. 477, Muslim No. 649)

Kembali kita coba renungi makna yang terkandung dalam hadits di atas. Satu langkah kaki Anda, dalam perjalanan ke masjid akan mengangkat satu derajat di surga, dan langkah kaki yang lainnya akan menghapuskan satu dosa. Bayangkan jarak dari rumah Anda sampai ke masjid, berapa banyak langkah yang Anda kerjakan? Sebanyak itulah balasan yang akan Anda dapatkan.

Namun sayang, sebagian dari kita lebih mudah untuk mendatagi kota-kota atau negeri-negeri yang jauh, gunung-gunung ataupun pulau-pulau, terlebih lagi, langkah kaki kita sangat mudah untuk diajak ke tempat-tempat maksiat, kaki kita justru sangatlah berat untuk diajak melangkah ke masjid. Perjalanan ke masjid menjadi perjalanan terberat bila dibandingkan dengan perjalanan mendaki gunung atau menyusuri kota-kota, karena perjalanan ke masjid adalah perjalanan keimanan.

Saudaraku umat muslim, engkau tidak membutuhkan perjalanan jauh untuk mencari ampunan dari Allah, engkau tidak perlu megeluarkan biaya yang banyak untuk mengangkat derajatmu disisi Allah, cukup dengan melangkah ke masjid, niscaya engkau akan mendapatkan semua kebaikan tersebut.

Sungguh perniagaan dengan Allah merupakan sebuah perniagaan yang sangat menguntungkan, engkau akan mendapatkan balasan berlipat ganda yang tak sebanding dengan usaha yang engkau lakukan. Wahai saudaraku umat muslim, kenapa masih malas untuk shalat berjamaah di masjid?

Semoga Allah mudahkan langkah kaki kita untuk mendatangi masjid. Allahuma aamiin.

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *