Bagaimana Cara Bersuci Ketika Tidak Mendapati Air?

Bersuci Ketika Tidak Mendapati Air

Alomuslim.com – Kondisi ini bisa saja terjadi kepada seorang muslim ketika hendak bersuci, tetapi ia tidak mendapati air yang akan digunakan untuk bersuci, baik karena ditempatnya tidak ada air atau sebab kekeringan. Lalu bagaimana dia harus bersuci?

Pertama yang perlu dipahami bahwa asas dari syariat Islam adalah tidak untuk membebani umatnya dalam beribadah. Setiap syariat Islam adalah mudah dan memudahkan, tetapi tidak untuk bermudah-mudahan sehingga menghilangkan pokok syariat yang berlaku. Misalkan, karena tidak mendapati air untuk bersuci, kemudian ia meninggalkan shalat dengan alasan ketiadaan air tersebut. Jelas hal ini salah.

Sebagai bentuk kemudahan atas umatnya, syariat Islam menentukan sebagai pengganti wudhu dan mandi ketika tidak mendapati air adalah dengan melakukan tayamum. Pensyariatan ini telah dijelaskan dalam Al Qur’an dan Sunnah, yakni :

  • Al Qur’an, firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :“Lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih).” (QS. Al Ma’idah : 6)
  • Sunnah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :“Dijadikan bumi seluruhnya untukku dan untuk umatku sebagai masjid dan untuk bersuci, maka dimanapun seseorang dari umatku menemui waktu shalat, maka disitulah tempatnya untuk shalat dan bersuci.” (hasan. HR. Ahmad 2/222)

    Dalam riwayat lain, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah menasehati seorang sahabat yang tidak melakukan shalat karena sedang junub sementara ia tidak mendapati air, maka beliau bersabda :

    “Hendaknya engkau mencari permukaan bumi (debu/tanah), sesungguhnya itu cukup bagimu..” (HR. Bukhari 384, Muslim 1535)

Berdasarkan keterangan dalil dari Al Qur’an dan sunnah tersebut menjelaskan bawah hukum bersuci ketika tidak mendapati air dapat digantikan dengan tayamum menggunakan permukaan bumi (debu/tanah). Wallahu a’lam.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 1, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like