Bolehkah 7 Orang Berkurban Dengan Satu Ekor Sapi
DASAR ISLAM, MAKANAN

Bolehkah 7 Orang Berkurban Dengan Satu Ekor Sapi ?

Alomuslim.com – Mayoritas ulama menyetakan bahwa tujuh orang boleh berkurban hanya dengan satu ekor sapi atau unta saja. Hal itu sudah mencukupi sebagai kurban bagi mereka. Pendapat ini merujuk pada beberapa dalil dari hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Dari Jabi bin Abdullah radhiallahu anhu, dia berkata :

“Kami berkurban bersama Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pada tahun perjanjian Hudaibiyah dengan seekor unta untuk tujuh orang dan satu ekor sapi untuk tujuh orang.”(HR. Muslim no. 1318, Abu Dawud no. 2809, At Tirmidzi no. 904 dan Ibnu Majah no. 3132)

Dalam riwayat yang lain Jabir juga berkata,

“Kami melakukan haji Tamattu’ bersama Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dengan umrah, lalu kami berkurban dengan seekor sapi untuk tujuh orang.” (HR. Muslim no. 1318, Abu Dawud no. 2807, dan An-Nasa’I 7/222)

Bergabungnya tujuh orang untuk berkurban dengan satu hewan, menurut para ulama, tidak mensyaratkan bahwa ketujuh orang tersebut harus berasal dari satu keluarga. Karena sangat sulit menggenapkan bilangan anggota keluarga menjadi tujuh orang. Tapi kalaupun memang bisa tujuh orang tersebut berasal dari satu keluarga maka hal itu lebih baik.

Para ulama juga memperbolehkan apabila tujuh orang yang bergabung untuk berkurban dengan satu ekor sapi atau unta, dimana sebagian meniatkan ibadah dan sebagian yang lain berniat untuk mencari daging. Sebab setiap hewan kurban yang boleh diikuti oleh tujuh orang karena niat ibadah, maka boleh juga diikuti meskipun sebagiannya tidak berniat untuk ibadah.

Wallahu a’lam.

Referensi :Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *