Bolehkah Belajar Ilmu Agama Melalui Internet?

Alomuslim.com – Kaum muslimin yang hidup pada masa sekarang ini patut bersyukur kepada Allah karena telah diberikan kemudahan dalam menuntut ilmu. Diantara kemudahan yang sangat nyata bisa kita rasakan hari ini adalah dengan adanya internet. Sekarang setiap orang bisa mengakses ilmu-ilmu agama yang mereka butuhkan dengan lebih cepat. Hanya dengan menggunakan perangkat telepon genggam, seorang muslim bisa belajar dimana pun dan kapan pun yang mereka inginkan.

Setiap orang kini bisa mendapatkan berbagai ilmu agama melalui artikel-artikel yang tersebar di berbagai portal web maupun ribuan video ceramah di kanal youtube. Namun, bolehkah seorang muslim belajar ilmu agama melalui internet?

Internet merupakan salah satu wasilah (sarana) bagi seseorang untuk mendapatkan kemuliaan ilmu agama. Sehingga menurut para ulama kontemporer, boleh bagi seorang muslim untuk mempelajari ilmu agama melalui internet. Bahkan banyak diantara para ulama dan ustadz yang membuat sebuah tulisan dan juga video ceramah yang kemudian disebarluaskan ke dalam internet, agar bisa diakses oleh semua kaum muslimin.

Jadi setiap artikel yang dibuat maupun video yang ditayangkan juga berisi ilmu yang sama dengan yang disampaikan oleh para seorang guru dalam majelis ilmu. Hal ini juga dalam rangka memanfaatkan telepon genggam dan internet untuk sesuatu yang positif, sehingga tidak hanya di gunakan untuk sesuatu yang sia-sia apalagi yang haram.

Namun, belajar di internet saja tidaklah cukup, karena apabila seorang muslim menerima ilmu yang tidak dipahaminya, hal itu dapat menyebabkan dirinya terjebak atau terjatuh pada kesesatan. Oleh karena itu, setiap muslim wajib hadir dan duduk di majelis ilmu dengan mengambil ilmu agama langsung dari seorang guru. Maka ketika ada ilmu yang tidak dipahaminya, ia bisa menanyakannya kepada sang guru. Dengan bimbingan dari seorang guru akan menyelamatkan seseorang dari kesesatan. Selain itu, duduk di majelis ilmu jauh lebih utama daripada sekedar mempelajarinya dari internet. Wallahu a’lam

Referensi :

  • Fatwa Ulama: Mendengarkan Pelajaran Agama Via Internet Dikelilingi Malaikat? Yulian Purnama (Muslim : 2014)
  • Bolehkah Belajar Ilmu Agama Melalui YouTube? Video singkat Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA (Cahaya Islam : 2017)

Leave a Comment