Bolehkah Berwudhu Di Kamar Mandi
BERSUCI, DASAR ISLAM

Bolehkah Berwudhu Di Kamar Mandi Yang Ada WC-nya?

Alomuslim.com – Apabila seseorang dirumahnya tidak memiliki tempat khusus untuk berwudhu, sehingga mengharuskannya berwudhu di kamar mandi yang ada wc-nya, apakah hal yang demikian diperbolehkan? Apakah boleh membaca ‘Bismillah’ ketika di dalam kamar mandi tersebut? Bagaimana dengan bacaan doa sesudahnya, apakah boleh dibaca di dalam kamar mandi juga?

Pertama yang harus diperhatikan oleh kaum muslimin mengenai hukum berwudhu di kamar mandi adalah dibolehkan, karena Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga pernah melakukan hal tersebut ketika beliau mandi junub. Namun harus tetap menjaga adab-adab ketika masuk dan keluar dari kamar mandi. Yakni membaca doa sebelum masuk kamar mandi kemudian masuk dengan kaki kiri, setelah itu keluar dengan kaki kanan, tetapi tidak harus membaca doa keluar kamar mandi apabila memang hanya berwudhu tanpa buang air besar atau air kecil di tempat tersebut.

Mengenai hukum membaca “Bismillah” di dalam kamar mandi yang ada wcnya ketika berwudhu, menurut sebagian ulama hal itu juga diperbolehkan, walaupun ada hadits yang melarang untuk berdzikir dan membaca Al Qur’an di dalam wc. Adapun poin pejelasannya adalah membaca “Bismillah” merupakan sunnah yang sangat ditekankan sebelum berwudhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

Tidak ada shalat bagi yang tidak ada wudhu. Tidak ada wudhu bagi yang tidak membaca bismillah di dalamnya.” (HR. Abu Daud no. 101 dan Ibnu Majah no. 399. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Sehingga dalam hal ini, ada sebuah kaidah yang dipegang oleh ulama, bahwa perintah lebih didahulukan dari pada larangan. Jadi, perintah untuk membaca ‘Bismillah’ ketika berwudhu lebih utama dikerjakan karena jika tidak melakukan hal itu maka wudhunya tidak sah meskipun ada hadits yang melarang untuk berdzikir atau membaca Al Qur’an dalam wc.

Tetapi untuk doa sesudah wudhu, sebaiknya di baca setelah keluar dari kamar mandi. Karena perintah untuk membaca doa sesudah wudhu tidak sama seperti perintah membaca “Bismillah” sebelum wudhu. Maka dalam hal ini, sebaiknya doa sesudah wudhu dibaca ketika sudah berada di luar kamar mandi agar tidak terkena larangan berdzikir di dalam kamar mandi. Wallahu a’lam.

 Referensi :

  • Apabila Wudhu Di Kamar Mandi, video singkat Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA (Amil Islam Channel)
  • Bagaimana Adab Dan Cara Berwudhu Di Kamar Mandi/WC, video singkat Dr. Khalid Basalamah, MA (Lentera Islam)
  • Hukum Membaca Bismillah Saat Wudhu, Muhammad Abduh Tuasikal, MSc (Rumaysho)
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *