Bolehkah Melakukan Adopsi Anak?

Alomuslim.com – Bagi setiap pasangan suami istri, kehadiran seorang anak dalam hubungan mereka adalah sesuatu yang sangat diidam-idamkan. Bahkan banyak diantara pasangan suami istri yang belum diberikan karunia anak oleh Allah, melakukan berbagai cara agar mereka bisa segera mendapatkannya.

Salah satu yang banyak mereka lakukan adalah dengan mengadopsi anak. Perkara adopsi anak sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh pasangan yang belum dikaruniai anak saja, tetapi banyak pasangan yang sudah dikaruniai anakpun melakukannya. Bagaimana hukum Islam mengenai adopsi anak ini?

Hukum adopsi anak dalam Islam adalah dibolehkan dan seorang anak yang diadopsi akan berstatus sebagai anak angkat. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah mengangkat mantan budaknya yang juga merupakan seorang sahabat yang mulia sebagai anak beliau, yakni Zaid bin Haritsah. Namun hal itu terjadi sebelum beliau diutus menjadi seorang Nabi dan beliau masih mengikuti adat kebiasaan masyarakat Arab jahiliyah.

Bagi pasangan suami istri yang hendak melakukan adopsi anak, mereka perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini, agar tidak terjatuh kepada sesuatu yang Allah haramkan :

Tidak boleh bagi orang tua angkat mengubah garis keturunan anak angkatnya dengan menghilangkan nama orang tua aslinya. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Siapa yang mengaku anak seseorang, sementara dia tahu bahwa itu bukan bapaknya maka surga haram untuknya.” (HR. Bukhari no. 6385)

  • Anak angkat tidak mendapatkan hak waris

Anak angkat tidak mendapatkan hak waris dari orang tua angkatnya karena memang dirinya tidak pernah menjadi anak kandung mereka. Karena hak waris hanya di peruntukkan bagi anak kandung saja.

  • Anak angkat bukanlah mahram bagi orang tua angkatnya

Anak angkat juga bukan mahram bagi orang tua angkatnya sehingga mereka harus berinteraksi dengan menggunakan hijab yang menutupi aurat apabila lawan jenis. Sekali lagi, karena anak angkat tidak pernah bisa disamakan sebagai anak kandung.

Itulah hukum mengenai adopsi anak dalam Islam dan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengadopsi anak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kaum muslimin yang hendak mengadopsi anak.

Referensi :

  • Anak Angkat Dan Statusnya Dalam Islam, Abdullah Taslim, Lc, MA. (Muslim : 2011)
  • Akta Lahir Anak Angkat Dalam Islam, Ammi Nur Baits, ST, BA (Konsultasi Syariah : 2013)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Comment