Bolehkah Memakai Parfum Yang Mengandung Alkohol?
DASAR ISLAM, PAKAIAN

Bolehkah Memakai Parfum Yang Mengandung Alkohol?

Alomuslim.com – Kebanyakan jenis parfum yang digunakan hari ini, baik oleh para lelaki maupun para wanita mengandung bahan alkohol. Jika yang terkandung dalam parfum adalah alkohol dari jenis khamr maka para ulama berselisih pendapat mengenai hal tersebut.

Adapun yang menyatakan haram, berpendapat bahwa alkohol dapat memabukkan sehingga hal tersebut menjadi sebab parfum beralkohol diharamkan. Dan juga para ulama menganggap bahwa khamr hukumnya adalah najis, sehingga seseorang yang memakaikan parfum kepakaiannya sama dengan ia mengotori pakaiannya dengan najis.

Sementara pendapat ulama yang membolehkan, menganggap bahwa alkohol ataupun khamr tidak termasuk najis. Ada juga yang menyebutkan bahwa alkohol yang digunakan pada cairan parfum adalah sejenis etanol. Etanol berfungsi sebagai campuran untuk melarutkan dan ia bukan termasuk khamr. Dan yang digunakan adalah jenis etanol murni atau yang sudah dicampur dengan air.

Secara zat, etanol adalah halal dan tidak termasuk najis. Selama ia dalam keadaan murni atau belum bercampur dengan sesuatu yang najis. Sehingga berdasarkan pertimbangan ini, sebagian ulama membolehkan penggunaan parfum beralkohol.

Namun, kami menyarankan dalam rangka kehati-hatian, sebaiknya menggunakan parfum yang tidak mengandung alkohol. Agar lebih selamat dan terhindar dari sesuatu yang diharamkan. Yang menguntungkannya adalah parfum yang tidak mengandung alkohol hari ini sudah mudah di temukan di negara kita.

Referensi :

  • Shahih Fikih Sunnah Jilid 3, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)
  • Hukum Memakai Parfum Alkohol, Abu Zubair Boris
  • Polemik Parfum Beralkohol, Muhammad Abduh Tuasikal, MSc

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *