Bolehkah Meyakini Turunnya Hujan Kepada Sesuatu
DASAR ISLAM, KEIMANAN

Bolehkah Meyakini Turunnya Hujan Kepada Sesuatu ?

Alomuslim.com – Sebagian orang mempercayai berbagai teori yang dikemukakan oleh para ilmuwan, bahwa suatu posisi bintang, bulan atau perbuatan makhluk yang menyebabkan turunnya hujan. Sehingga sering kita mendengar adanya berita ramalan cuaca dengan cara-cara seperti itu.

Kalau sebatas perkiraan cuaca, kita masih dibolehkan untuk percaya dengan mempertimbangkan faktor yang menunjukkan adanya gejala akan turunnya hujan. Seperti adanya penampakan awan mendung atau dengan melihat pergerakan serta kecepatan arah angin.

Tetapi ketika meyakini bahwa hujan turun karena posisi bintang, karena faktor hitung-hitungan bulan atau karena adanya perbuatan makhluk tertentu maka hal yang seperti ini termasuk perbuatan haram, dan bisa menyebabkan pelakunya terjatuh dalam kesyirikan.

Rasulullah shallallahu alaihi was sallam bersabda, dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, bahwa Dia berfirman :

“Diantara hamba-Ku ada yang menjadi beriman kepada-Ku dan ada pula yang kafir. Adapun orang yang mengatakan : ‘Kami telah diberi hujan karena keutamaan dan rahmat Allah’, maka itulah orang yang beriman kepada-Ku dan kafir terhadap bintang-bintang. Sedang orang yang mengatakan : ‘Kami diberi hujan dengan bintang ini dan itu’, maka itulah orang yang kafir kepada-Ku dan berima kepada bintang-bintang,” (HR. Bukhari no. 846, 1038, 4147, Muslim no. 71)

Perbuatan tersebut merupakan salah satu bentuk dari pengingkaran terhadap nikmat Allah dan bergantung kepada selain Allah. Selain itu, ia juga membuka peluang munculnya berbagai kepercayaan yang menyalahi syariat Islam, yang bisa berujung pada ‘penyembahan’ kepada bintang, bulan atau makhluk tertentu.

Semoga Allah jauhkan umat muslim dari keyakinan seperti itu.

Allahumma aamiin.

 Referensi : Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wa Jama’ah, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustak Imam Asy Syafi’i : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *