Bolehkah Sendawa Dengan Suara Keras?

Bolehkah Sendawa Dengan Suara Keras

Alomuslim.com – Merupakan hal yang wajar terjadi setiap kali selesai makan, seseorang akan bersendawa. Adapun sendawa merupakan salah satu cara tubuh mengeluarkan gas secara alami.  Gas tersebut didorong ke atas oleh lambung menuju kerongkongan dan keluar dari mulut dalam bentuk sendawa. Gas dalam saluran pencernaan umumnya terbentuk dari proses pencernaan makanan atau ketika ada udara yang tertelan melalui mulut. Menurut ilmu kesehatan, kondisi ini umumnya adalah hal yang baik, karena jika tidak dikeluarkan, maka gas di lambung dapat menyebabkan perut kembung yang kadang disertai dengan nyeri perut.

Adapun dalam hal ini, syariat Islam memiliki pandangan yang sedikit berbeda dengan ungkapan di atas. Masalah sendawa pernah disebutkan dalam hadis dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, beliau bercerita. Ada orang yang bersendawa di dekat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian beliau mengatakan,

كُفَّ عَنَّا جُشَاءَكَ فَإِنَّ أَكْثَرَهُمْ شِبَعًا فِى الدُّنْيَا أَطْوَلُهُمْ جُوعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Tahan sendawamu di hadapan kami. Karena orang yang paling sering kenyang di dunia, paling lama laparnya kelak di hari kiamat”. (hasan. HR. Tirmidzi 2666)

Namun, perintah menahan sendawa dalam hadits di atas hanya sebagai peringatan bagi seseorang agar tidak banyak merasa kenyang, karena biasaya sendawa terjadi ketika seseorang merasa kenyang. Sehingga pelarangan dalam hal ini tidak berlaku secara mutlak. Artinya, seseorang tidak sepenuhnya dilarang untuk bersendawa. Demikian halnya dengan sendawa sambil mengeluarkan suara yang keras hingga terdengar orang lain, tidaklah haram. Hanya saja perbuatan tersebut tidak sesuai dengan adab Islami ketika dilakukan di hadapan orang lain.

Karena itulah, ketika seseorang terpaksa bersendawa di hadapan orang lain, dianjurkan sebisa mungkin untuk disembunyikan dengan mengecilkan suaranya. Hal tersebut agar tidak mengganggu atau menimbulkan suasana yang dapat membuat orang lain merasa jijik ketika mendengarnya. Inilah adab Islami yang telah banyak dilupakan dan dianggap sepele oleh kaum muslimin. Wallahu a’lam. 

Referensi :

  • Hukum Bersuara Ketika Sendawa, Ammi Nur Baits (Konsultasi Syariah : 2016)
  • Sering Sendawa Bisa Berarti Tidak Sehat, Kevin Adrian (Alodokter : 2018)
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
rusaknya akhlak umat muslim
Read More

Sebab Rusaknya Akhlak Umat Muslim

Sebab Rusaknya Akhlak Umat Muslim – Kondisi masyarakat kita semakin memperihatinkan, banyak orang yang mulai mengeluh dengan rusaknya akhlak…