Bolehkah Wanita Memakai Kutek Di Tangan Dan Kakinya
DASAR ISLAM, PAKAIAN

Bolehkah Wanita Memakai Kutek Di Tangan Dan Kakinya?

Alomuslim.com – Memakai kutek bagi seorang wanita yang tidak shalat, seperti yang sedang haidh dan nifas, hukumnya adalah dibolehkan, dan tidak ada dosa baginya jika ia menggunakan kutek tersebut. Diriwayatkan dari Mu’adzah, dia mengatakan bahwa seorang wanita pernah bertanya kepada Aisyah radhiallahu anha, apakah wanita yang sedang menstruasi boleh memakai kutek? Aisyah menjawab, “Di hadapan Nabi, kami memakai kutek dan beliau tidak pernah melarang kami memakainya.” (HR. Ibnu Majah)

Disamping itu, wanita juga dibolehkan memakai kutek pada masa suci, hanya saja tidak boleh dipergunakan jika hendak shalat. Karena kutek tersebut akan menghalangi mengalirnya air dalam bersuci, khususnya pada bagian kuku yang tertutup oleh kutek itu.

Dalil dibolehkannya wanita yang dalam keadaan suci menggunakan kutek, seperti dalam hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiallahu anhu, dia berkata,

“Wanita-wanita kami memakai kutek di malam hari. Jika waktu Subuh tiba, mereka menghilangkannya, lalu mereka berwudhu dan shalat. Seusai shalat mereka kembali memakainya dan jika tiba waktu Dzuhur, maka mereka menghilangkannya kembali, lalu berwudhu dan shalat.” (HR. Ibnu Majah)

Maka berdasarkan dalil dan penjelasan diatas, dapat diambil sebuah kesimpulan hukum dibolehkan bagi seorang wanita memakai kutek, baik ketika sedang Haidh maupun dalam keadaan suci. Hanya saja mereka harus menghilangkannya ketika hendak shalat atau berwudhu, agar tidak menghalangi aliran air. Wallahu ‘alam.

Referensi :

  • Shahih Fikih Sunnah Jilid 3, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)
  • Hukum Wudhunya Orang Yang Berkutek, Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *