Cara membersihkan dari berbagai macam najis
BERSUCI, DASAR ISLAM

Tata Cara Membersihkan Dari Berbagai Macam Najis

Alomuslim.com – Cara Membersihkan Dari Berbagai Macam Najis, Bersuci dari najis merupakan sebuah kewajiban atas setiap muslim. Terutama ketika seseorang hendak menunaikan ibadah, seperti shalat, memegang mushaf dan beberapa ibadah lain yang menuntut keadaan bersih dari najis dan juga hadast. Setiap najis memiliki kadar yang berbeda, sehingga untuk membersihkannya juga dilakukan dengan cara yang berbeda.

Berikut penjelasan beberapa macam najis dan cara bersuci darinya :

1. Membersihkan Pakaian Dari Darah Haid

Cara membersihkannya adalah dengan cara mengerik dan membersihkannya, kemudian menggosok (mengucek) dengan ujung-ujung jari agar kotorannya tidak menempel, kemudian di cuci dengan air. Hal ini berdasrkan hadits dari Asma’ binti Abu Bakar, dia berkata,

“Seorang perempuan datang kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah! Salah seorang diantara kami bajunya terkena darah haid, apa yang harus dia lakukan?’ Maka Rasulullah menjawab ; ‘Hendaklah dia mengeriknya, kemudian menggosoknya dengan air, dan menyiramnya, setelah itu shalatlah dengannya’.” (HR. Bukhari, Muslim)

Akan tetapi jika ingin mencuci seluruh pakaiannya dengan air dan sabun maka hal tersebut lebih baik.

2. Membersihkan Pakaian Dari Air Kencing Anak Yang Masih Menyusu

Cara membersihkan dari berbagai macam najis kencing bayi

Untuk membersihkan pakaian yang terkena air kencing anak bayi yang masih menyusui atau dibawah usia dua tahun ada dua cara. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Air seni anak perempuan dicuci dan bekas air seni anak laki-laki cukup diperciki air.” (shahih. HR. Abu Dawud no. 376, An Nasa’I 1/158, dan Ibnu Majah no. 526)

3. Membersihkan Pakaian Dari Madzi

Madzi adalah sejenis cairan lengket yang keluar dari kelamin laki-laki maupun wanita saat syahwat sedang memucak. Maka syariat Islam memberi keringanan dengan hanya memercikkan air ke tempat keluarnya madzi, karena seringnya terjadi dan meratanya sesuatu yang terkena air madzi.

Rasulullah mengajarkan cara membersihkannya cukup dengan menyiramkan air. Beliau bersabda : ‘Cukuplah bagimu untuk mengambil satu telapak tangan air kemudian kamu percikkan ke pakaianmu yang terkena madzi, hingga kau lihat ia telah mengenainya.’ (hasan. HR. Abu Dawud no. 210, AT Tirmidzi dan Ibnu Majah no. 506)

4. Membersihkan Ujung Pakaian Wanita Yang Terkena Najis

Bagi para wanita yang memanjangkan pakaiannya, jika ujung pakaian tersebut terkena kotoran, maka ia akan suci dengan adanya gesekan (bersentuhan) pada tanah yang suci. Dalam hal ini Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Hal itu akan disucikan oleh tanah yang -ia injak- setelahnya.” (shahih. HR. Abu Dawud no. 383, At Tirmidzi no. 143 dan Ibnu Majah no. 531)

5. Membersihkan Dari Jilatan Anjing

Cara membersihkan dari berbagai macam najis jilatan anjing

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda :

“Cara mensucikan bejana salah seorang dari kalian jika seekor anjing menjilatnya adalah dengan mencucinya tujuh kali (basuhan), salah satunya dengan tanah.” (HR. Muslim no. 279, Abu Dawud no. 71)

Melalui hadist ini bisa ditarik kesimpulan umum, tidak hanya pada bejana saja, tetapi bisa juga pada anggota badan seseorang yang terkena jilatan anjing.

6. Membersihkan Lantai Yang Terkena Air Kencing

Cara membersihkan lantai atau alas karpet yang terkena air kencing dan yang lainnya adalah menyiramnya dengan air, sebagaimana yang pernah diperintahkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam untuk menyiram air kencing seorang A’rabi di dalam masjid Nabawi. Hal itu agar lantai atau alas karpet cepat bersih.

Itulah beberapa cara membersihkan pakaian atau sesuatu yang terkena berbagai macam najis. Semoga kita dapat memperhatikan kebersihan pakaian atau anggota badan yang terkena najis agar tetap menjaga keabsahan ibadah kita.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 1, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *