Cara Menghitung Nilai Zakat Sapi
DASAR ISLAM, ZAKAT

Cara Menghitung Nilai Zakat Sapi

Alomuslim.com – Sapi termasuk dalam salah satu hewan ternak yang wajib untuk dibayarkan zakatnya. Untuk menunaikan kewajiban zakat atas hewan ternak sapi, harus diketahui terlebih dahulu mengenai nisabnya. Karena perhitungan nisabnya berbeda dengan zakat barang dagangan dan yang lainnya.

Dalam riwayat Mua’dz bin Jabal radhiallahu anhu, disebutkan :

“Rasulullah shallallahu alaihi was sallam mengutusku ke Yaman dan memerintahkanku untuk mengambil zakat dari sapi, dari setiap 40 ekor sapi (dikenakan) satu ekor musinnah (sapi berusia duatahun dan memasuki tahun ketiga), dan dari setiap 30 ekor (dikenakan) satu ekor tabi’ (sapi jantan usia satu tahun dan memasuki tahun kedua) atau tabi’ah (sapi betina usia satu tahun dan memasuki tahun kedua).” (shahih HR. at-Tirmidzi no. 619, Abu Dawud no. 1561, An-Nasa’i 5/26, Ibnu Majah no. 1803)

Termasuk dalam perhitungan ini juga adalah untuk jenis kerbau, karena menurut kesepakatan para ulama, kerbau masih digolongkan dalam kategori sapi, sehingga perhitungan nisabnya mengikuti pada perhitungan nisab sapi.

Cara Menghitung Nilai Zakat Sapi

Dalam hadits tersenut terdapat ketentuan nisab minimal, akan tetapi mayoritas ulama berpendapat bahwa tidak ada kewajiban zakat pada sapi yang kurang dari jumlah 30 ekor. Apabila telah mencapai jumlah 30 ekor, maka ia akan dikenakan zakat seekor tabi’ atau tabi’ah. Perhitungannya dapat disesuaikan dengan tabel dibawah ini :

Jumlah SapiZakat yang Harus Dikeluarkan
DariHingga
129Tidak dikenakan zakat
30391 ekor tabi’ atau tabi’ah
40591 ekor musinnah
60692 ekor tabi’
70791 ekor tabi’ dan 1 ekor musinnah
80892 ekor musinnah
90993 ekor tabi’
1001092 ekor tabi’ dan 1 ekor musinnah

Dan demikian selanjutnya, pada setiap 30 ekor sapi dikenakan zakat 1 ekor tabi’ atau tabi’ah, dan pada 40 ekor dikenakan zakat 1 ekor musinnah. Lalu apabila telah mencapai jumlah 120 ekor, seseorang dapat mengeluarkan zakat 4 eko tabi’ atau  ekor musinnah.

Wallahu a’lam. 

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 1, Abu Malik Kamal bin AS-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *