Cara Rasulullah Menata Dan Merawat Rambut
DASAR ISLAM, PAKAIAN

Cara Rasulullah Menata Dan Merawat Rambut

Alomuslim.com – Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam merupakan sosok yang rupawan dan senantiasa menjaga dan merawat penampilan beliau disetiap waktu. Karena beliau sangat senang dengan penampilan yang rapih, meskipun demikian beliau tidak melakukannya dengan berlebihan. Diantara hal yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam menjaga penampilannya adalah dengan melakukan perawatan terhadap rambutnya.

Dalam salah satu riwayat yang disampaikan oleh Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia menyebutkan bahwa Rasulullah memiliki rambut yang mencapai pertengahan kedua telinganya. Adapun bentuknya tidak terlalu keriting dan tidak pula lurus kaku, sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat dari Qatadah radhiyallahu ‘anhu. 

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu pernah bercerita mengenai cara Rasulullah menata rambutnya. Pada awalnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam biasa membiarkan rambutnya tergerai. Saat itu, orang-orang musyrik merapikan rambut mereka, sementara Ahlul Kitab selalu membiarkan rambut mereka tergerai. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam lebih suka meniru perilaku Ahlul Kitab selama belum ada ketentuan dari Allah. Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam selalu merapikan rambut beliau. (HR. Bukhari 3558, Muslim 2336)

Pernah juga ketika peristiwa Fathul Makkah (penaklukan kota Mekah), Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam terlihat menata rambutnya dengan menjalinnya menjadi empat jalinan. Beliau hanya menyisir rambutnya sesekali dan melarang para sahabatnya untuk merapikan rambut secara berlebihan, kecuali hanya sesekali saja. Ketika menyisir rambut, beliau suka untuk mendahulukan yang sebelah kanan.

Namun demikian, beliau juga sering melakukan perawatan dengan meminyaki rambutnya. Ketika beliau meminyaki rambutnya, maka uban dirambutnya tidak kelihatan. Namun, apabila beliau tidak memakai minyak, maka ubannya kelihatan hanya sedikit. Dalam satu riwayat dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, disebutkan bahwa jumlah uban Rasulullah sekitar dua puluh helai. Uban Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berwarna merah, karena beliau mewarnai ubannya dengan warna itu dan tidak mewarnainya dengan menggunakan warna hitam.

Wallahu a’lam.

Referensi : Mengenal Pribadi Agung Nabi Muhammad, Imam At-Tirmidzi (Ummul Qura : 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *