Ciri-ciri Muslim Yang Tawadhu
AKHLAK, DASAR ISLAM

Ciri-ciri Muslim Yang Tawadhu’

Alomuslim.com – Seorang muslim bertawadhu’ (rendah hati) dengan tidak merendahkan maupun menghinakan dirinya di hadapan manusia dan semua makhluk kecuali hanya kepada Allah. Seorang muslim bertawadhu agar mengangkat derajatnya di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan Allah telah menjanjikan tempat kembali yang paling baik di akhirat bagi orang yang tawadhu’.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di (muka) bumi.” (QS. Al Qashash : 83)

Tawadhu’ merupakan akhlak yang luhur dan sifatnya yang tinggi.Berikut beberapa ciri-ciri dari orang-orang yang tawadhu’, diantaranya :

  1. Ketika seseorang tidak menghendaki untuk tampil menonjol dihadapan orang lain, meskipun ia sangat mampu akan hal itu.
  2. Ketika seseorang mau mengalah dan memilih menghindari perdebatan, menutupi kesalahan lawan debatnya serta mau menerima nasihat pada saat dirinya salah.
  3. Ketika seseorang memuliakan orang lain yang lebih berilmu, tetapi tetap dengan tidak merendahkan diri dihadapannya, misalkan dengan memberikan tempat duduknya untuk seorang alim, kemudian menyajikan atau menghidangkan makanan untuk seorang alim tersebut dan yang seperti itu.
  4. Ketika seseorang menyambut kedatangan orang lain dengan senyum berseri dan berwajah gembira, lemah lembut dalam berucap, memenuhi undangannya dan tidak menganggap dirinya lebih baik dari orang tersebut.
  5. Ketika seseorang mengunjungi orang lain yang kedudukannya lebih rendah, membawakan sebagian barangnya atau berjalan bersama disampingnya.
  6. Ketika seseorang duduk-duduk bersama orang fakir miskin, orang-orang sakit dan penyandang cacat, mendatangi tempat mereka dan memenuhi permintaan mereka.
  7. Ketika seseorang makan dan minum, berpakaian atau berkendara dijalanan dan semua itu dilakukan tanpa berlebihan

Yang demikian itu beberapa ciri-ciri orang yang tawadhu’, maka sudah seharusnya sebagai seorang muslim menunjukkan akhlak tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.

Referensi :Minhajul Muslim, Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jaza’iri (Darul Haq : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *