Darah Pertama Yang Tertumpah Dalam Islam
KISAH SAHABAT

Darah Pertama Yang Tertumpah Dalam Islam

Alomuslim.com – Semenjak awal mula dakwah Islam di kota Mekkah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya kerapkali mendapatkan berbagai gangguan dari kaum Quraisy. Terutama para sahabat yang dari golongan budak dan orang-orang lemah, mereka sering menjadi obyek penyiksaan para pembesar Quraisy.

Dengan jumlah pengikut yang masih sedikit, serta banyak diantara mereka yang berasal dari orang lemah dan masih anak muda, sehingga Rasulullah -pun tidak sanggup memberikan pertolongan ketika menyaksikan para sahabatnya disiksa dan dihinakan di hadapan beliau.

Namun, pernah suatu kali ketika Rasulullah dan para sahabatnya ingin melaksanakan shalat, mereka menuju ke Syi’ib, guna menjauhkan diri dari orang-orang Quraisy. Ketika mereka sedang shalat, tiba-tiba mendapati orang-orang musyrikin Quraisy datang ketempat mereka shalat.

Kemudian orang-orang Quraisy tersebut mencela dan menghina shalat yang sedang dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabatnya itu. Hingga akhirnya salah seorang sahabat mendatangi mereka, dan terjadilah duel hebat antara sahabat dengan orang-orang Quraisy itu.

Dalam duel tersebut, sahabat memukul salah seorang dari orang Quraisy dengan tulang rahang unta hingga terluka. Sahabat yang berduel dan berhasil melukai orang Quraisy tersebut adalah Sa’ad bin Abi Waqash radhiallahu anhu.

Sa’ad bin Abi Waqash merupakan seorang sahabat yang mulia, salah seorang sahabat yang paling pertama masuk Islam, seorang yang telah dijamin oleh Rasulullah masuk surga. Beliau juga merupakan orang pertama dalam Islam yang melontarkan anak panahnya di jalan Allah, dan ia memang dikenal sebagai ahli dalam memanah.

Dan itulah darah pertama yang tertumpah dalam Islam, yang berasal dari orang Quraisy yang telah menghina shalat dan dilakukan oleh seorang sahabat yang mulia, Sa’ad bin Abi Waqash radhiallahu anhu.

Referensi : Sirah Nabawiyah Ibnu Ishaq, Ibnu Hisyam (Akbar Media : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *