Darimana Terciptanya Hawa ?

Alomuslim.com – Setelah Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada para malaikat dan juga iblis yang sedang berada disana, untuk sujud kepada Nabi Adam alaihissalam kemudian Allah mempersilahkan Nabi Adam untuk tinggal dalam surga.

Nabi Adam alaihissalam diperbolehkan untuk menikmati segala kenikmatan yang ada dalam surga, kecuali Allah melarangnya untuk memakan satu jenis buah, yang Allah tidak sebutkan namanya. Karena memang tidak adanya keterangan dalil bahwa Allah menyebutkan nama buah itu, kecuali yang disebutkan iblis dengan nama khuldi (kekal). Maka untuk melengkapi kebahagian Nabi Adam, kemudian Allah menciptakan seorang isteri untuknya, yakni Hawa.

Sebagian orang meyakini bahwa Hawa diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam alaihissalam, apakah benar demikian?

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya ; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkanlaki-laki dan perempuan yang banyak.” (QS. An Nisaa : 1)

At-Thabari dalam kitab tafsirnya, ia mengatakan, ‘Dan itu terjadi, dengan Allah ciptakan Hawa dari salah satu tulang rusuk Nabi Adam.’ (Tafsir at-Thabari, 21/254)

Dalam hadits juga ditegaskan akan hal itu. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Bersikaplah yang baik kepada wanita, karena wanita diciptakan dari tulang rusuk..” (HR. Bukhari no. 3331, Muslim no. 1468)

Demikian juga pendapat para ulama, mereka meyakini bahwa Hawa diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam. Wallahu Ta’ala a’lam bishawab.

Referensi :

  • Benarkah Hawa Diciptakan Dari Adam, Ammi Nur Baits
  • Kisah Penciptaan Nabi Adam Alaihissallam, Ustadz Lalu Ahmad Yani, Lc

Leave a Comment