Tanda Kiamat Yang Sangat Jelas
SERBA-SERBI

Diantara Tanda Kiamat Yang Sangat Jelas

Alomuslim.com – Diantara Tanda Kiamat Yang Sangat Jelas, Tanda-tanda hari kiamat yang sudah terjadi dan yang masih berlangsung dapat dikelompokkan dalam dua kategori. Pembagian seperti ini bukan dari apa yang disebutkan oleh Rasulullah  tetapi lebih pada usaha ulama dalam mengelompokkan tanda-tanda yang disebutkan oleh Rasulullah  agar memudahkan dalam membahasnya. Diantara kategori tersebut, yaitu :

Pertama, Pertanda yang sangat jelas.

Pertanda ini dijelaskan dalam hadits secara terang-terangan dengan menyatakan bahwa ini adalah pertanda hari Kiamat.

Kedua, Tanda-tanda hari Kiamat yang kurang jelas.

Tanda-tanda ini biasanya menunjuk pada berita kejadian masa depan dan tidak dibarengi dengan redaks-redaksi seperti pertanda yang terdapat dalam kelompok pertama.

Diantara tanda-tanda kiamat yang sangat jelas, yang disebutkan oleh Rasulullah , seperti yang disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah  bersabda :

 “Hari Kiamat tidak akan datang sampai ilmu dicabut, sering terjadi gempa, zaman semakin cepat, banyak terjadi fitnah, pembunuhan demi pembunuhan terjadi dimana-mana, dan hari kiamat tidak akan datang sebelum harta diantara kalian banyak dan melimpah.” (HR. Bukhari no. 1036, Muslim no. 157)

Dalam riwayat yang lain Rasulullah  bersabda :

“Zaman semakin cepat berlalu, amalan semakin berkurang, kebakhilan hinggap disetiap orang, banyak terjadi al-Harj.” Para sahabat bertanya, ‘Apakah al-Harj itu?’ Beliau menjawab, “Pembunuhan demi pembunuhan.” (HR. Bukhari no. 7061, Muslim no. 157)

Ibnu Baththal rahimahullah, seperti yang disebutkan dalam Fath Al Bari, dia berkata, ‘Dari semua yang disebutkan dalam hadits ini, kita telah menyaksikan dengan mata kepala sendiri, ilmu telah banyak berkurang, kebodohan tersebar di mana-mana, kebakhilan merasuki setiap jiwa, fitnah dimana-mana, banyaknya pembunuhan.’

Dalam hadits ini setidaknya kita bisa menghimpun beberapa tanda-tanda kiamat yang sangat jelas disampaikan oleh Rasulullah , yaitu :

  1. Diangkatnya Ilmu Agama
  2. Sering Terjadi Gempa
  3. Zaman Semakin Cepat Berlalu
  4. Banyak Terjadi Fitnah
  5. Pembunuhan Demi Pembunuhan Terjadi Dimana-mana
  6. Harta yang Banyak dan Melimpah
  7. Amalan Semakin Berkurang
  8. Kebakhilan Hinggap di Setiap Orang

Bukankah tanda-tanda tersebut sangat jelas nampak pada masa sekarang ini? Meskipun tanda-tanda tersebut telah sangat jelas terjadi pada hari ini, tidak boleh bagi  seorangpun menetapkan apa yang terjadi hari ini sebagai tanda-tanda kiamat yang pasti, hingga kemudian mereka membuat perkiraan-perkiraan kapan akan terjadinya hari Kiamat.

Sebagai seorang muslim, kita hanya bisa meyakini apa yang dikabarkan Rasulullah  adalah kebenaran, kemudian memperbanyak ibadah untuk mempersiapkan diri apabila harus menjumpai hari besar tersebut. Bukan malah membuat berita-berita sensasional yang mengundang perhatian orang banyak sehingga menciptakan kepanikan di tengah-tengah masyarakat kaum muslim. Insyaa Allah di lain kesempatan kami akan sajikan penjelasan mengenai tanda-tanda kiamat yang disebutkan diatas, dengan pembahasan yang lebih dalam.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Referensi : Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad Al-Mubayyadh (Granada Mediatama : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *