Dimanakah Lokasi Diturunkannya Nabi Adam?

Alomuslim.com – Setelah terpedaya oleh tipu daya iblis, Nabi Adam alaihissallam dan Hawa harus dikeluarkan dari Surga. Mereka bertiga, yakni Nabi Adam, Hawa dan juga Iblis,  harus kehilangan tempatnya di Surga dan di turunkan ke bumi karena kesalahan yang telah mereka perbuat. Tempat diturunkannya Nabi Adam dan Hawa, menjadi misteri yang tidak terjawab hingga hari ini.

Sebagian besar ahli sejarah dan umat muslim memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar mengenai lokasi diturunkannya Nabi Adam alaihissallam dan Hawa ke dunia. Dan akhirnya banyak diantara mereka yang menerka-nerka dengan menggunakan data yang mereka yakini kebenarannya.

Imam Ibnu Katsir rahimahullahu, ulama ahli tafsir, menyebutkan beberapa riwayat yang mengabarkan tentang tempat diturunkannya Nabi Adam dan Hawa. Diantaranya :

  • Dari Ibnu Abbas radhiallahu anhu, ia mengatakan bahwa Nabi Adam diturunkan disebuah tempat bernama Dahna, tepat diantara Mekkah dan Thaif.
  • Dari Hasan al Bashri rahimahullahu, ia menuturkan bahwa Nabi Adam diturunkan di India, Hawa di Jeddah, Iblis di Dustumyan, beberapa mil dari Bashrah.
  • Dari As-Suddi menuturkan, bahwa Nabi Adam diturunkan di India bersamaan dengan Hajar Aswad dan segenggam dedaunan dari Surga.
  • Dari Ibnu Umar, ia menyatakan bahwa Nabi Adam diturunkan di Shafa sementara Hawa di Marwah.

Terlepas dari semua pendapat diatas, kajian masalah ini masuk dalam ranah kajian masalah ghaib. Sementara kita tidak boleh berbicara masalah ghaib kecuali sebatas informasi yang diberitakan oleh pemilik kabar ghaib, Allah Ta’ala atau melalui wahyu Rasul-Nya shallallahu alaihi was sallam. Disamping itu, mempelajari masalah ini tidak memberikan pengaruh yang berarti bagi ketakwaan kita, sehingga tidak perlu menghabiskan waktu yang berlebihan untuk mencari tahu permasalan ini.

Wallahu a’lam.

Referensi : Kisah Para Nabi, Ibnu Katsir (Ummul Qura : 2018)

Leave a Comment